Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Berdasarkan Dekomposisi Genetik pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah
Abstract
Full text article
References
Asiala, M., Cotrill, J., Dubinsky, E., & Schwigendorf, K.E. 2004. The Development of Student’s Graphical Understanding of the Derivative. Journal of Matehematical Behaviour. Vol. 16, No. 4: 399-341.
Basyaib, F. 2006. Teori Pembuat Keputusan. Jakarta: Grasindo.
Djamarah, S.B & Zain, A. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Cetakan Ke- 2. Jakarta: Rineka Cipta.
Dubinsky, E.D & McDonald, M.A. 2001. APOS: A Contructivist Theory of Learning in Undergraduate Mathematics Education Research: Research in Collegiate Mathematics Education II, CBMS Issues in Mathematics Education.
Ghani, G. 2003. Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rineka Cipta.
Haji, S. 2008. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Pendekatan Matetik Realistik di SMPN 1 Kotamadya Bengkulu. Jurnal Didaktik. Universitas Mulawarman, Samarinda. Vol.7, No.4. September 2008.
Haji, S. 2009. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah di SMP Kota Bengkulu. Seminar Nasional dan Rapat Tahunan Bidang MIPA. Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. 4-5 Mei 2009.
Herman Hudojo. 2009. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang Press.
Mahmudah, S. 2014. Analisis Tingkat Pemahaman Peserta Didik pada Materi Besaran dan Satuan Menggunakan Teori APOS (Studi Kasus Kelas X MA Tajul Ulum Brabo Grobogan Tahun Pelajaran 2014/2015). Jurusan Pendidikan Ilmu Fisika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Institut Agama Islam Walisongo, Semarang (Skripsi tidak Dipublikasikan).
Mulyono, A. 2009. Pendidikan bagi Anak yang Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurdin, L. 2012. Analisis Pemahaman Siswa tentang Barisan Berdasarkan Teori APOS (Action, Process, Object and Scheme). [Artikel].
Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004: Pertanyaan dan Jawaban. Jakarta: Grasindo.
Nurlaelah, E. 2005. Inovasi Pembelajaran Struktur Alajabar I dengan Menggunakan Program ISETL Berdasarkan Teori APOS. Jurnal Pengajaran MIPA. Vol. 6, No. 1, Juni 2005. ISSN: 1412-0917: 1-8.
Risnawati. 2008. Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: UIN Suska Press.
Shadiq, F. 2005. Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Penataran Guru Matematika.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudrajat, A. 2009. Teori-teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Suherman, H. 2009. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA, Universitas Pendidikan Indonesia.
Wardhani, I.G.A.K. 2005. Dasar-dasar Komunikasi dan Keterampilan Dasar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka Press.
Warsita, W.D. 2009. Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Open-Ended. [Jurnal] Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.
Wena, M. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyu Widada. 2005. Dekomposisi Genetik: Teori APOS pada Pembelajaran Kalkulus. Inspirasi: Jurnal Ilmiah Multiscience. Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Vol. 20, No. 1. ISSN 0854-4808: 1-65.
Wahyu Widada. 2015. The Existence of Students in Trans Extended Cognitive Development on Learning of Graph Theory. Jurnal Math Educator Nusantara. Vol. 1, No. 1, Mei 2015. ISSN: 2459-97345: 1-20.
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ