Kecerdasan Logis Matematis Siswa Kelas IX MTs Negeri Tarakan dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Eka Widyawati (1), Setia Widia Rahayu (2)
(1) Universitas Borneo Tarakan, Indonesia,
(2) Universitas Borneo Tarakan, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kecerdasan logis matematis dalam memecahkan masalah sistem persamaan linier dua. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IX di MTs Negeri Tarakan yang berjumlah 4 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah tes kecerdasan logis matematis, wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan  logis matematis siswa dengan kemampuan tinggi dalam memecahkan masalah sistem persamaan linier dua variabel memenuhi semua indikitor kecerdasan logis matematis. Sedangkan siswa dengan kemampuan rendah dalam memecahkan masalah sistem persamaan linier dua variabel dan hanya memenuhi dua dari lima indikator kecerdasan logis matematis.

References

Read More

Authors

Eka Widyawati
eka.adel48@gmail.com (Primary Contact)
Setia Widia Rahayu
Widyawati, E., & Rahayu, S. W. (2020). Kecerdasan Logis Matematis Siswa Kelas IX MTs Negeri Tarakan dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(1), 51–60. https://doi.org/10.30651/must.v5i1.3641

Article Details

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.