Kecerdasan Logis Matematis Siswa Kelas IX MTs Negeri Tarakan dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Abstrak
Artikel teks lengkap
Referensi
Amstrong, T. (2004). Sekolah para juara menerapkan multiple intelligences di dalam dunia pendidikan. Bandung: PT. Mizan Pustaka.
Dantes, N. (2012). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Ekasari, Y. (2014). Profil kecerdasan logika matematika dan linguistik siswa kelas VII SMP dalam memecahkan masalah persamaan linear satu variabel ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Jurnal Mathedunesa, 3(3), 269-273.
Gardner, H. (1999). Intelligences reframed: multiple intelligences for the 21St century. New York: Basic Book.
Indrawati, K. A. D., Muzaki, A., & Febrilia, B. R. A. (2019). Profil berpikir siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 68-83.
Irawan, I. P. E., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika: pengetahuan awal, apresiasi matematika, dan kecerdasan logis matematis. In Prosiding Seminar Nasional MIPA.
Irvaniyah, I., & Akbar, R. O. (2014). Analisis kecerdasan logis matematis dan kecerdasan linguistik siswa berdasarkan jenis kelamin (studi kasus pada siswa kelas XI IPA MA mafatihul huda). Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1), 138-159.
Iskandar. (2012). Psikologi pendidikan (sebuah orientasi baru). Jakarta: Referensi.
Suhendri, H. (2011). Pengaruh kecerdasan logis matematis-logis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1), 29-39.
Uno, H. B. (2010). Mengelola kecerdasan dalam pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Willis, J.K., & Johnson, A. (2001). “Multiply using multiple intelligences†In Teaching children mathematics. The National Council of Teacher of Mathematics, Inc.
Yaumi, M., & Ibrahim, N. (2013). Pembelajaran berbasis kecerdasan jamak (multiple intelligences): mengidentifikasi dan mengembangkan multitalenta anak. Edisi pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yusna., Bahrun., & Duskri. (2019). Kecerdasan logis matematis siswa melalui model pembelajaran berbasis proyek di SMA. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 40-52.
Penulis
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.