Kecerdasan Logis Matematis Siswa Kelas IX MTs Negeri Tarakan dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Eka Widyawati (1), Setia Widia Rahayu (2)
(1) Universitas Borneo Tarakan, Indonesia,
(2) Universitas Borneo Tarakan, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kecerdasan logis matematis dalam memecahkan masalah sistem persamaan linier dua. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IX di MTs Negeri Tarakan yang berjumlah 4 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah tes kecerdasan logis matematis, wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan  logis matematis siswa dengan kemampuan tinggi dalam memecahkan masalah sistem persamaan linier dua variabel memenuhi semua indikitor kecerdasan logis matematis. Sedangkan siswa dengan kemampuan rendah dalam memecahkan masalah sistem persamaan linier dua variabel dan hanya memenuhi dua dari lima indikator kecerdasan logis matematis.

Full text article

Generated from XML file

References

Amstrong, T. (2004). Sekolah para juara menerapkan multiple intelligences di dalam dunia pendidikan. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Dantes, N. (2012). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Ekasari, Y. (2014). Profil kecerdasan logika matematika dan linguistik siswa kelas VII SMP dalam memecahkan masalah persamaan linear satu variabel ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Jurnal Mathedunesa, 3(3), 269-273.

Gardner, H. (1999). Intelligences reframed: multiple intelligences for the 21St century. New York: Basic Book.

Indrawati, K. A. D., Muzaki, A., & Febrilia, B. R. A. (2019). Profil berpikir siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 68-83.

Irawan, I. P. E., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika: pengetahuan awal, apresiasi matematika, dan kecerdasan logis matematis. In Prosiding Seminar Nasional MIPA.

Irvaniyah, I., & Akbar, R. O. (2014). Analisis kecerdasan logis matematis dan kecerdasan linguistik siswa berdasarkan jenis kelamin (studi kasus pada siswa kelas XI IPA MA mafatihul huda). Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1), 138-159.

Iskandar. (2012). Psikologi pendidikan (sebuah orientasi baru). Jakarta: Referensi.

Suhendri, H. (2011). Pengaruh kecerdasan logis matematis-logis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1), 29-39.

Uno, H. B. (2010). Mengelola kecerdasan dalam pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Willis, J.K., & Johnson, A. (2001). “Multiply using multiple intelligences†In Teaching children mathematics. The National Council of Teacher of Mathematics, Inc.

Yaumi, M., & Ibrahim, N. (2013). Pembelajaran berbasis kecerdasan jamak (multiple intelligences): mengidentifikasi dan mengembangkan multitalenta anak. Edisi pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yusna., Bahrun., & Duskri. (2019). Kecerdasan logis matematis siswa melalui model pembelajaran berbasis proyek di SMA. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 40-52.

Authors

Eka Widyawati
eka.adel48@gmail.com (Primary Contact)
Setia Widia Rahayu
Widyawati, E., & Rahayu, S. W. (2020). Kecerdasan Logis Matematis Siswa Kelas IX MTs Negeri Tarakan dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(1), 51–60. https://doi.org/10.30651/must.v5i1.3641

Article Details