Identifikasi Disiplin Belajar Mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Borneo Tarakan

Setia Widia Rahayu (1), Eka Widyawati (2)
(1) Universitas Borneo Tarakan, Indonesia,
(2) Universitas Borneo Tarakan, Indonesia

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk mengidentifikasi disiplin belajar mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Borneo Tarakan. Adapun metode penelitian yang digunakan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh, mahasiswa yang memiliki kategori disiplin belajar sangat tinggi yaitu sebesar 19% atau sebanyak 11 mahasiswa, dan mahasiswa yang memiliki disiplin belajar pada kategori sedang yaitu sebesar 47% atau sebanyak 27 mahasiswa, sedangkan mahasiswa yang memiliki disiplin belajar pada kategori rendah sebesar 14% atau sebanyak 8 mahasiswa, dan mahasiswa yang termasuk dalam kategori sangat rendah sebesar 4% atau sebanyak 2 mahasiswa.

Full text article

Generated from XML file

References

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar evaluasi pendidikan, edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Aswar, S. (2013). Penyusunan skala psikologi, edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daryanto. (2013). Belajar dan mengajar. Bandung: Yrama Widya.

Manik, M., & Mukhtar. (2017). Penerapan metode penemuan terbimbing dalam upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika di kelas VIII SMP negeri 1 Ajibata. Inspiratif: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 92-101. https://doi.org/10.24114/jpmi.v3i2.8906.

Tu’u, T. (2004). Peran disiplin pada perilaku dan prestasi siswa. Jakarta: Grasindo.

Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan experiental matematika MTs materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175-185. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7332.

Sugiyono, P. D. (2013). Statistik untuk penelitian. Bandung: CV. Alvabeta.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Supardi, U. S. (2013). Aplikasi statistika dalam penelitian. Jakarta: Change Publisher.

Unengan, I. R., Ainy, C., & Mursyidah, H. (2020). Implementasi model kooperatif TGT dengan media ludo math untuk meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(1), 113-126. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i1.21.

Authors

Setia Widia Rahayu
setia.widiaayu@yahoo.com (Primary Contact)
Eka Widyawati
Rahayu, S. W., & Widyawati, E. (2020). Identifikasi Disiplin Belajar Mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Borneo Tarakan. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(1), 61–67. https://doi.org/10.30651/must.v5i1.3655

Article Details

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.