Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dengan Pemanfaatan LKS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MAN 1 Ngraho pada Materi Limit Fungsi
Abstrak
Kriteria ketuntasan minimum (KKM) kelas XI MAN 1 Ngraho untuk mata pelajaran matematika adalah 70. Permasalahannya adalah rata-rata nilai Ulangan Harian (UH) kelas XI hanya 44,87 dari 39 siswa yang tuntas hanya 8 siswa sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 31 siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi kurangnya prestasi belajar siswa adalah kegiatan pelajaran yang masih berpusat pada guru, sehingga membuat siswa pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar prosentase peningkatan hasil belajar matematika, aktivitas siswa dan respon siswa kelas XI MAN 1 Ngraho Bojonegoro dengan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dengan pemanfaatan LKS. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas adalah suatu penelitian berupa tindakan yang dilakukan di kelas dengan tujuan memperbaiki proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 MAN 1 Ngraho Bojonegoro. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan nilai hasil belajar matematika siswa kelas XI MAN 1 Ngraho Bojonegoro dapat ditingkatkan dengan menggunakan model kooperatif NHT dengan pemanfaatan LKS. Terlihat dari nilai awal yaitu nilai UH ke siklus I rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 68,87 dan dari siklus I ke siklus II rata-rata nilai siswa meningkat lagi menjadi 77,4. Aktivitas siswa yang tadinya pasif menjadi aktif saat menggunakan model pembelajaran Koopertaif NHT dengan pemanfaatan LKS serta siswa juga memberikan respon yang positif terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif NHT.
Artikel teks lengkap
Referensi
Arikunto, Suharsimin. 2009. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimin. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta
Faiq, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung : CV. Yrama Widya
Ibrahim, M. dkk., 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Muliawan , Jasa Ungguh. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Gava Media
Penulis
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.