Identifikasi Disiplin Belajar Mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Borneo Tarakan
Abstract
Penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk mengidentifikasi disiplin belajar mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Borneo Tarakan. Adapun metode penelitian yang digunakan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh, mahasiswa yang memiliki kategori disiplin belajar sangat tinggi yaitu sebesar 19% atau sebanyak 11 mahasiswa, dan mahasiswa yang memiliki disiplin belajar pada kategori sedang yaitu sebesar 47% atau sebanyak 27 mahasiswa, sedangkan mahasiswa yang memiliki disiplin belajar pada kategori rendah sebesar 14% atau sebanyak 8 mahasiswa, dan mahasiswa yang termasuk dalam kategori sangat rendah sebesar 4% atau sebanyak 2 mahasiswa.
Full text article
References
Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar evaluasi pendidikan, edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Aswar, S. (2013). Penyusunan skala psikologi, edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Daryanto. (2013). Belajar dan mengajar. Bandung: Yrama Widya.
Manik, M., & Mukhtar. (2017). Penerapan metode penemuan terbimbing dalam upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika di kelas VIII SMP negeri 1 Ajibata. Inspiratif: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 92-101. https://doi.org/10.24114/jpmi.v3i2.8906.
Tu’u, T. (2004). Peran disiplin pada perilaku dan prestasi siswa. Jakarta: Grasindo.
Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan experiental matematika MTs materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175-185. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7332.
Sugiyono, P. D. (2013). Statistik untuk penelitian. Bandung: CV. Alvabeta.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Supardi, U. S. (2013). Aplikasi statistika dalam penelitian. Jakarta: Change Publisher.
Unengan, I. R., Ainy, C., & Mursyidah, H. (2020). Implementasi model kooperatif TGT dengan media ludo math untuk meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(1), 113-126. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i1.21.
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ