Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Siswa Kelas VII F SMPN 1 Prambon
Abstrak
Penelitian ini menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang menitikberatkan pada pengelompokan peserta didik dengan tingkat kemampuan akademik yang berbeda ke dalam kelompok-kelompok kecil. Sedangkan make a match merupakan salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yaitu dengan cara membuat pasangan belajar pada setiap siswanya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIF semester 2 SMPN 1 Prambon tahun pelajaran 2012/2013. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase aktivitas siswa meningkat dari 65,76 % siklus I menjadi 75,17 % siklus II dan rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat dari 74,56 dengan persentase hasil belajar klasikal 72,2 % menjadi 80,06 dengan persentase hasil belajar klasikal 91.7 %.
Artikel teks lengkap
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar–Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Penulis
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.