Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 15 Surabaya Pokok Bahasan Garis Singgung Lingkaran Melalui Pembelajaran dengan Menggunakan Tes Disertai Umpan Balik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan pembelajaran melalui pemberian tes yang disertai umpan balik terhadap prestasi belajar siswa khususnya kelas VIII SMP Muhammadiyah 15 Surabaya. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif yang bertujuan menggambarkan dan mengungkapkan suatu masalah, keadaan, peristiwa sebagaimana adanya atau mengungkap fakta secara lebih mendalam mengenai pembelajaran dengan pemberian tes yang disertai umpan balik pada siswa kelas VIII-C SMP Muhammadiyah 15 Surabaya pokok bahasan garis singgung lingkaran. Sedangkan kelas VIII-A sebagai kelas uji data untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen sebelum diujikan pada subjek penelitian. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan Prestasi belajar siswa kelas VIII-C SMP Muhammadiyah 15 Surabaya mengalami perkembangan saat penerapan pembelajaran dengan pemberian tes yang disertai umpan balik pada materi garis singgung lingkaran. Hal tersebut dapat dilihat dari perubahan nilai rata-rata kelas sebesar 45,1351 menjadi 72,2973. Jumlah siswa yang nilainya tuntas dari 0% menjadi 65%.
References
Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Avianti, Nunik. 2007. Mudah Belajar Matematika 2. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Barizi, Ahmad. 2010. Menjadi Guru Unggul. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Baharuddin. 2009. Pendidikan & Psikologi Perkembangan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Hudojo, Herman. 1979. Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Bandung: Usaha Nasional
Hudoyo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud Dikti PPLTK
Nurgiyantoro, Burhan. 2004. Statistik Terapan. Gajah Mada University Press
Prihastuti. 1999. Studi Umpan Balik Proses Belajar Mengajar Fakultas Psikologi Unair. Surabaya: Universitas Airlangga
Purwanto. 2007.Instrumen Penelitian Sosial Dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Roestiyah. 1989. Masalah-masalah ilmu Keguruan. Jakarta: Bina Aksara
Rohani, Ahmad. 1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta
Silverius, Suke. 1991. Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta: Grasindo
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ