Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 15 Surabaya Pokok Bahasan Garis Singgung Lingkaran Melalui Pembelajaran dengan Menggunakan Tes Disertai Umpan Balik
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan pembelajaran melalui pemberian tes yang disertai umpan balik terhadap prestasi belajar siswa khususnya kelas VIII SMP Muhammadiyah 15 Surabaya. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif yang bertujuan menggambarkan dan mengungkapkan suatu masalah, keadaan, peristiwa sebagaimana adanya atau mengungkap fakta secara lebih mendalam mengenai pembelajaran dengan pemberian tes yang disertai umpan balik pada siswa kelas VIII-C SMP Muhammadiyah 15 Surabaya pokok bahasan garis singgung lingkaran. Sedangkan kelas VIII-A sebagai kelas uji data untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen sebelum diujikan pada subjek penelitian. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan Prestasi belajar siswa kelas VIII-C SMP Muhammadiyah 15 Surabaya mengalami perkembangan saat penerapan pembelajaran dengan pemberian tes yang disertai umpan balik pada materi garis singgung lingkaran. Hal tersebut dapat dilihat dari perubahan nilai rata-rata kelas sebesar 45,1351 menjadi 72,2973. Jumlah siswa yang nilainya tuntas dari 0% menjadi 65%.
Artikel teks lengkap
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Avianti, Nunik. 2007. Mudah Belajar Matematika 2. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Barizi, Ahmad. 2010. Menjadi Guru Unggul. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Baharuddin. 2009. Pendidikan & Psikologi Perkembangan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Hudojo, Herman. 1979. Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Bandung: Usaha Nasional
Hudoyo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud Dikti PPLTK
Nurgiyantoro, Burhan. 2004. Statistik Terapan. Gajah Mada University Press
Prihastuti. 1999. Studi Umpan Balik Proses Belajar Mengajar Fakultas Psikologi Unair. Surabaya: Universitas Airlangga
Purwanto. 2007.Instrumen Penelitian Sosial Dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Roestiyah. 1989. Masalah-masalah ilmu Keguruan. Jakarta: Bina Aksara
Rohani, Ahmad. 1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta
Silverius, Suke. 1991. Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta: Grasindo
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Penulis
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.