Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 15 Surabaya Pokok Bahasan Garis Singgung Lingkaran Melalui Pembelajaran dengan Menggunakan Tes Disertai Umpan Balik

Endang Riyanti (1)
(1) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan pembelajaran melalui pemberian tes yang disertai umpan balik terhadap prestasi belajar siswa khususnya kelas VIII SMP Muhammadiyah 15 Surabaya. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif yang bertujuan menggambarkan dan mengungkapkan suatu masalah, keadaan, peristiwa sebagaimana adanya atau mengungkap fakta secara lebih mendalam mengenai pembelajaran dengan pemberian tes yang disertai umpan balik pada siswa kelas VIII-C SMP Muhammadiyah 15 Surabaya pokok bahasan garis singgung lingkaran. Sedangkan kelas VIII-A sebagai kelas uji data untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen sebelum diujikan pada subjek penelitian. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan Prestasi belajar siswa kelas VIII-C SMP Muhammadiyah 15 Surabaya mengalami perkembangan saat penerapan pembelajaran dengan pemberian tes yang disertai umpan balik pada materi garis singgung lingkaran. Hal tersebut dapat dilihat dari perubahan nilai rata-rata kelas sebesar 45,1351 menjadi 72,2973. Jumlah siswa yang nilainya tuntas dari 0% menjadi 65%.

Full text article

Generated from XML file

References

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Avianti, Nunik. 2007. Mudah Belajar Matematika 2. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Barizi, Ahmad. 2010. Menjadi Guru Unggul. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Baharuddin. 2009. Pendidikan & Psikologi Perkembangan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Hudojo, Herman. 1979. Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Bandung: Usaha Nasional

Hudoyo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud Dikti PPLTK

Nurgiyantoro, Burhan. 2004. Statistik Terapan. Gajah Mada University Press

Prihastuti. 1999. Studi Umpan Balik Proses Belajar Mengajar Fakultas Psikologi Unair. Surabaya: Universitas Airlangga

Purwanto. 2007.Instrumen Penelitian Sosial Dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Roestiyah. 1989. Masalah-masalah ilmu Keguruan. Jakarta: Bina Aksara

Rohani, Ahmad. 1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Silverius, Suke. 1991. Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta: Grasindo

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Authors

Endang Riyanti
yantithok@rocketmail.com (Primary Contact)
Riyanti, E. (2016). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 15 Surabaya Pokok Bahasan Garis Singgung Lingkaran Melalui Pembelajaran dengan Menggunakan Tes Disertai Umpan Balik. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2). Retrieved from https://journal.um-surabaya.ac.id/matematika/article/view/229

Article Details

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.