Penerapan Strategi Pembelajaran PQ4R dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII pada Materi Segiempat MTS Darut Tauhid Surabaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R (2) Aktivitas belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R (3) Respon siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B MTs. Darut Tauhid Surabaya berjumlah 22 siswa. Hasil observasi secara langsung di kelas VII B sebelum penelitian diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran matematika belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah. Siswa cenderung pasif dalam pembelajaran dan hasil belajar belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa, terlihat dari nilai awal yaitu nilai UTS siswa ke siklus I rata-rata nilai siswa meningkat sebesar 12% dan dari siklus I ke siklus II rata-rata nilai siswa meningkat sebesar 15%, kemudian terdapat peningkatan aktifitas siswa, dan respon positif dalam mengikuti pembelajaran melalui strategi pembelajaran PQ4R.
Full text article
References
Arikunto,Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Asrori, Mohammad. 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima
Hamalik,Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Nur, Mohamad. 2011. Strategi-strategi Belajar. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.
Sanjaya,Wina. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.
Sadirman. 2011. Interaksi Dan Motivasi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Uno, Hamzah B. 2012. Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif Inovatif Lingkungan Kreatif Efektif Menarik. Jakarta : Bumi Aksara
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ