Penerapan Strategi Pembelajaran PQ4R dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII pada Materi Segiempat MTS Darut Tauhid Surabaya

Walidatur Rosyidah (1)
(1) Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R (2) Aktivitas belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R (3) Respon siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B MTs. Darut Tauhid Surabaya berjumlah 22 siswa. Hasil observasi secara langsung di kelas VII B sebelum penelitian diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran matematika belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah. Siswa cenderung pasif dalam pembelajaran dan hasil belajar belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa, terlihat dari nilai awal yaitu nilai UTS siswa ke siklus I rata-rata nilai siswa meningkat sebesar 12% dan dari siklus I ke siklus II rata-rata nilai siswa meningkat sebesar 15%, kemudian terdapat peningkatan aktifitas siswa, dan respon positif dalam mengikuti pembelajaran melalui strategi pembelajaran PQ4R.

Full text article

Generated from XML file

References

Arikunto,Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Asrori, Mohammad. 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Hamalik,Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Nur, Mohamad. 2011. Strategi-strategi Belajar. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Sanjaya,Wina. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.

Sadirman. 2011. Interaksi Dan Motivasi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Uno, Hamzah B. 2012. Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif Inovatif Lingkungan Kreatif Efektif Menarik. Jakarta : Bumi Aksara

Authors

Walidatur Rosyidah
cew_leoquin@yahoo.co.id (Primary Contact)
Rosyidah, W. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran PQ4R dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII pada Materi Segiempat MTS Darut Tauhid Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2). Retrieved from https://journal.um-surabaya.ac.id/matematika/article/view/228

Article Details

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.