Implementasi Teori Gagne dengan Bantuan LKS Scaffolding Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika siswa Kelas XI MA Muhammadiyah 1 Lamongan
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan seberapa besar prosentase peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas XI MA Muhammadiyah 1 Lamongan melalui teori Gagne dengan bantuan LKS Scaffolding, (2) mendeskripsikan aktivitas siswa kelas XI MA Muhammadiyah 1 Lamongan saat proses pembelajaran matematika melalui implementasi teori Gagne dengan bantuan LKS scaffolding. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK) karena dalam penelitian ini akan dilakukan tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas yang bertujuan selalu meningkatkan prestasi belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Agama sedangkan kelas XI IPA sebagai kelas uji instrumen. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa melalui implementasi teori Gagne dengan bantuan LKS Scaffolding dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas XI Agama MA Muhammmadiyah 1 Lamongan. Terlihat dari nilai awal yaitu nilai UTS genap ke siklus I rata-rata nilai siswa meningkat sebesar 8,2% dan dari siklus I ke siklus II rata-rata nilai siswa meningkat lagi sebesar 10,2%. Sedangkan persentase aktivitas siswa terbilang aktif dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 21,6% dan persentase aktivitas siswa terbilang tidak aktif mengalami penurunan sebesar 5,56%.
Artikel teks lengkap
Referensi
Arikunto, Suharsimi dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Untuk Guru, Kepala sekolah & Pengawas. Jakarta: Aditya Media.
Inayati, Cut. 2009. Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui LKS Scaffolding pada konsep Matriks bagi Siswa Kelas XII IA SMA Negeri 10 Fajar Harapan Banda Aceh. Skripsi , Aceh: dalam http://lib.univ-aceh.ac.id/files/ptkscaffolding/fullchapter/0411083.ps (Diakses pada tanggal 30 Januari 2013).
Suyono dan Hariyanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung : PT Remaja Rosdakary.
Penulis
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.