Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Audiovisual dan Alat Peraga pada Materi Bangun Ruang Prisma dan Limas Kelas VIII
Abstrak
Tujuan penelitian ini dilaksanakan adalah untuk memperoleh gambaran secara empiris mengenai: pembelajaran matematika melalui penggunakan audiovisual dan alat peraga, respon siswa dan guru terhadap pembelajaran matematika melalui penggunakan media audiovisual dan alat peraga. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan analisis statistik deskriptif, dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas (PTK). Data yang dianalisis deskriptif adalah : ketuntasan belajar, aktifitas siswa, dan aktifitas guru, dengan subyek penelitian adalah Siswa Kelas VIII B Mts. Darut Tauhid Surabaya. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan nilai prestasi belajar matematika siswa kelas Kelas VIII B Mts. Darut Tauhid Surabaya dapat ditingkatkan melalui penggunaan media audiovisual dan alat peraga dalam proses pembelajaran. Siklus 1 dengan rata-rata 68,53, meningkat sebesar 8% dari nilai awal (UTS). Siklus 2 meningkat 14% dari siklus 1 dengan rata-rata 78,24.
Artikel teks lengkap
Referensi
Ariani, Niken dan Haryanto, Dany. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta : Publister.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Djalal. 1986. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa Asing. Malang : P3T IKIP Malang
http://www.anneahira.com/pengertian-prestasi-belajar-menurut-para-ahli.htm). Diakses tanggal 31 Januari 2013.
http://www.sarjanaku.com/2011/05/media-audio-visual.html. Diakses tanggal 2 Maret 2013.
Penulis
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.