Penerapan Metode Penemuan Terbimbing pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat di SMA Hidayatul Ummah Surabaya Tahun Ajaran 2012 – 2013
Abstract
Pembelajaran dengan penemuan terbimbing merupakan suatu komponen penting dalam pendekatan konstruksi yang telah memiliki sejarah panjang dalam dunia pendidikan. Ide pembelajaran penemuan terbimbing muncul dari keinginan untuk memberi rasa senang kepada anak dalam “menemukan†sesuatu oleh mereka sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prestasi belajar siswa, aktifitas siswa, dan respon siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode penemuan terbimbing berlangsung. Penelitian ini menggunakan rancangan One Shoot Study Case. Subyek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Hidayatul Ummah Surabaya. Hasil analisis data diperoleh prestasi belajar siswa selama proses pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing, siswa yang tuntas belajar adalah 25 siswa sedangkan rata-ratanya sebanyak 69,89, dan simpangan baku sebanyak 69,80. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing memiliki rata-rata presentasi terbesar 23,44% pada kategori berdiskusi, 19,96 pada kategori mengerjakan latihan/ LKS, dan 16,67 pada kategori mendengarkan/ memperhatikan penjelasan guru. Sedangkan Hasil kuesioner siswa menunjukkan bahwa siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing sebesar 72,7%.
Full text article
References
Ahhmadi, Supriyano. 2004. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Bahri, Syaiful dkk. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Bahri, Zain dkk. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Djamarah. 1994. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hasbullah. 2005. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Markaban. 2007. Model Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas.
Nur, Muhammad. 2000. Strategi-strategi Belajar. Surabaya: Uneversity Press.
Padiya. 2007. Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing. www.model-pembelajaran--penemuan-terbimbing.com.
Roestyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pt. Rineka Cipta.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Slameto. 2002. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sabri, Ahmad. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Ciputat Press.
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ