Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Core pada Siswa SMA Muhammadiyah 3 Surabaya Kelas X-3 Materi SPLDV

Ajeng Putri Wulan Ayu (1)
(1) Mahasiswa Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstract

SMA Muhammadiyah 3 Surabaya menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 76 untuk mata pelajaran matematika. Saat ini rata-rata nilai matematika pada beberapa materi belum mencapai KKM. Salah satu faktor yang mempengaruhi yaitu pembelajaran yang masih terpusat pada guru, sehingga beberapa siswa masih belum memahami konsep matematika secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar matematika, aktivitas, dan respon siswa kelas X SMA Muhammadiyah 3 Surabaya dengan model pembelajaran CORE. Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terbagi menjadi beberapa siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-3. Hasil penelitian menunjukkan nilai hasil belajar matematika siswa kelas X-3 SMA Muhammmadiyah 3 Surabaya dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran CORE. Hal ini terlihat dari nilai sebelum tindakan ke siklus I rata-rata nilai siswa meningkat sebesar 14,46% dan dari siklus I ke siklus II rata-rata nilai siswa meningkat lagi sebesar 5,43%. Siswa menjadi lebih aktif menggunakan model pembelajaran CORE menggunakan pembelajaran langsung. Begitu pula dengan respon siswa, sebanyak lebih dari 75% siswa merespon positif terhadap pembelajaran yang dilakukan dengan model CORE.

Full text article

Generated from XML file

References

Agustin, Dini. 2011. Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Dengan Bantuan Teman Sejawat. Skripsi tidak Diterbitkan. Surabaya. Program Sarjana Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suyatno. 2009. Menjelejah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo : Masmedia Buana Pustaka.

Wijayanti, Anisa. 2012. Penerapan Model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. Skripsi Diterbitkan. Surabaya. Program Sarjana Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia.

Authors

Ajeng Putri Wulan Ayu
ajengputriwa@gmail.com (Primary Contact)
Wulan Ayu, A. P. (2016). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Core pada Siswa SMA Muhammadiyah 3 Surabaya Kelas X-3 Materi SPLDV. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1). Retrieved from https://journal.um-surabaya.ac.id/matematika/article/view/214

Article Details

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.