Implementasi Teori Gagne dengan Bantuan LKS Scaffolding Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika siswa Kelas XI MA Muhammadiyah 1 Lamongan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan seberapa besar prosentase peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas XI MA Muhammadiyah 1 Lamongan melalui teori Gagne dengan bantuan LKS Scaffolding, (2) mendeskripsikan aktivitas siswa kelas XI MA Muhammadiyah 1 Lamongan saat proses pembelajaran matematika melalui implementasi teori Gagne dengan bantuan LKS scaffolding. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK) karena dalam penelitian ini akan dilakukan tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas yang bertujuan selalu meningkatkan prestasi belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Agama sedangkan kelas XI IPA sebagai kelas uji instrumen. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa melalui implementasi teori Gagne dengan bantuan LKS Scaffolding dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas XI Agama MA Muhammmadiyah 1 Lamongan. Terlihat dari nilai awal yaitu nilai UTS genap ke siklus I rata-rata nilai siswa meningkat sebesar 8,2% dan dari siklus I ke siklus II rata-rata nilai siswa meningkat lagi sebesar 10,2%. Sedangkan persentase aktivitas siswa terbilang aktif dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 21,6% dan persentase aktivitas siswa terbilang tidak aktif mengalami penurunan sebesar 5,56%.
Full text article
References
Arikunto, Suharsimi dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Untuk Guru, Kepala sekolah & Pengawas. Jakarta: Aditya Media.
Inayati, Cut. 2009. Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui LKS Scaffolding pada konsep Matriks bagi Siswa Kelas XII IA SMA Negeri 10 Fajar Harapan Banda Aceh. Skripsi , Aceh: dalam http://lib.univ-aceh.ac.id/files/ptkscaffolding/fullchapter/0411083.ps (Diakses pada tanggal 30 Januari 2013).
Suyono dan Hariyanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung : PT Remaja Rosdakary.
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ