Penggunaan Speaking and Writing Quiz bagi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Balongpanggang Gresik sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Trigonometri Tahun Ajaran 2012/2013
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas X dengan menggunakan Speaking and Wrting Quiz. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Balongpanggang Gresik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan nilai hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Balongpanggang Gresik dapat ditingkatkan dengan menggunakan menggunakan Speaking and Writing Quiz dalam proses pembelajaran. Terlihat dari rata-rata nilai awal (UTS) 73,73 yang meningkat pada siklus 1 dengan rata-rata nilai 77,88 atau meningkat sebesar 5,63% dan dari siklus I ke siklus II rata-rata nilai siswa meningkat lagi menjadi 89,23 atau meningkat sebesar 14,57%.
Artikel teks lengkap
Referensi
Al Barry, Dahlan. 2003. Kamus modern Bahasa Mandarin. Bandung: Arkola
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, suharsimi. 2009. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Buni aksara
Echols, John, dkk. 1997. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: gramedia.
Nurgianto, Burhan. 2004. Statistik Terapan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Pers.
Masriyah. 2005. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Surabaya
Nurmandiri B.K, dkk. 2004. Matematika SMA untuk kelas X. Jakarta: Erlangga.
Suprijono, Agus, N.Si. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Wikanta, Wiwi, dkk. 2009. Pedoman Penulisan Skripsi. Surabaya: Lembaga pengkajian dan Pengembangan pendidikan (LP3)
Penulis
Â
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Â
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.