Penerapan Model Learning Cycle dalam Pembelajaran Matematika Materi Pokok Balok Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 14 Surabaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Learning Cycle dalam pembelajaran matematika materi pokok balok siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 14 Surabaya. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen kuantitatif dengan rancangan true experimental design yang digunakan untuk mencari pengaruh variabel tertentu terhadap variabel lain dalam kondisi yang terkontrol. Untuk pembanding digunakan kelas kontrol yang diharapkan dapat mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa dalam materi bangun ruang balok. Berdasarkan hasil analisis data, uji kesamaan dua rata-rata data postes dengan menggunakan uji Independent Samples Test Posttest dengan SPSS Ver.16, pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh hasil thitung = 4,314 dan ttabel = 2,66. Berarti ttabel ≤ thitung. Dengan demikian H0 ditolak. Jika H0 ditolak maka H1 diterima, yang artinya terdapat perbedaan prestasi siswa dalam belajar matematika kedua kelas (eksperimen dan kontrol). Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan prestasi siswa dalam belajar matematika yang signifikan antara siswa yang memperoleh pembelajaran matematika model Learning Cycle dengan siswa yang memperoleh pembelajaran matematika model konvensional.
Full text article
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sudjana, Nana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: TARSITO.
Wena, Made. 2012. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ