Analisis Kemampuan Abstraksi Matematis dalam Pembelajaran Matematika di MAN 1 Tasikmalaya
Abstrak
Artikel teks lengkap
Referensi
Firmansyah, I., & Ratnaningsih, N. (2019). “Meningkatkan kemampuan penalaran matematik peserta didik melalui pendekatan kontekstualâ€. In Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers (p. 287-295). FKIP Universitas Siliwangi.
Juniarti, A. C., & Zulkarnaen, R. (2019). Studi kasus kemampuan abstraksi matematis siswa kelas X pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV). In Prosiding SESIOMADIKA (Vol. 2, No. 1, p. 400-404). Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang.
Kusumawati R., & Kurniawan P. (2020). Pengembangan bahan ajar stuktur aljabar dengan penemuanterbimbing untuk meningkatkan kemampuan abstraksi dan menulis pembuktian matematis. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 197-204. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.1010
Nisa A. L. (2018). Analisis kemampuan abstraksi matematis siswa dalammenyelesaikan soal pada materi segiempat kelas VII SMP. JPM: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1-8. http://dx.doi.org/10.33474/jpm.v4i1.2610
Nugroho, K. U. Z., dkk. (2021). “Abstraction ability of students about fractions through local cultural approachesâ€. In Proceedings of the International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2020) (Vol. 532, p. 480-485). Atlantis Press.
Nurhikmayati, I. (2017). Kesulitan siswa berpikir abstrak matematika dalam pembelajaran problem posing berkelompok. KALAMATIKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 159-176. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol2no2.2017pp159-176
Utami, R. N. F., Nursyifa, Y., & Ratnaningsih, N. (2021). Proses berpikir metafora dalam memecahkan masalah segitiga dan segiempat ditinjau dari self-confidence siswa. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(1), 68-83. https://doi.org/10.37058/jarme.v3i1.2583
Warsito, W., Saleh, H., & Sukirwan, S. (2020). Interaksi antara pembelajaran dan pengetahuan terhadap abstraksi matematis siswa SMP. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 2(1), 11-19. https://doi.org/10.37058/jarme.v2i1.1333
Wibowo S. A., Mulyono, M., & Sumarti, S. (2018). “Penerapan model pembelajaran PBL untuk meningkatkan kemampuan abstraksi matematis dan tanggung jawab siswa kelas XI perhotelan SMKN 6 Semarangâ€. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, p. 409-415). Universitas Negeri Semarang.
Yusepa B. (2017). Kemampuan abstraksi matematis siswa sekolah menengah pertama (SMP) kelas VIII. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 1(1), 54-60.
Penulis
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.