Pemahaman Mahasiswa tentang Konsep Grup pada Mata Kuliah Struktur Aljabar
Abstrak
Artikel teks lengkap
Referensi
Ag, M. M., dan Fathani, A. H. (2007). Mathematical Intelligence. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
Arnawa, M. I. (2006). “Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Mahasiswa dalam Aljabar Abstrak Melalui Pembelajaran Berdasarkan Teori APOSâ€. Disertasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Depdiknas (2003). Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi SMP. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Darminto, B. P. (2009). Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Aljabar dan SikapMahasiswa Calon Guru Matematika terhadap Pembelajaran Berbasis Komputer. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Aljabar, Pengajaran dan Terapannya. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY Yogyakarta.
Fadhilah, N. (2014). Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Volume Prisma Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). JPM: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2).
Fadillah, S., dan Jamilah. (2016). “Pengembangan Bahan Ajar Struktur Aljabar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswaâ€. Yogyakarta: Jurnal Ilmiah Cakrawala Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Hanifah dan Abadi, A. P. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Teori Grup. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 235-244.
Ikrimah dan Darwis, M. (2016). Understanding Student Profile SMP IT Al-Fityan Gowa School Class IX at Problem Solving Viewed from The Reasoning Ability of Mathematics. Jurnal Daya Matematis, 4(2), 129-142.
Jafar. (2013). Membangun Pemahaman yang Lengkap (Completely Understanding) dalam Pembelajaran Konsep Grup. KNPM V Himpunan Matematika Indonesia.
Kesumawati, N. 2008. Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika 2008.
Listiawati, E. (2015). Pemahaman Mahasiswa Calon Guru pada Konsep Grup. Jurnal APOTEMA, 1(2).
Nickerson, R. S. (1985). Understanding understanding. American Journal of Education, 43(2), 201-239.
Rahayuningsih, S. (2018). Pemahaman Konsep Mahasiswa Perempuan dalam Menyelesaikan Masalah Grup. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(1), 70-81.
Rubowo, M. R., dan Wulandari, D. (2017). Profil Pemahaman Konseptual Mahasiswa Pendidikan Matematika Tentang Ring pada Mata Kuliah Struktur Aljabar 2 Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Semarang: Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (2nd SENATIK) Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPATI-Universitas PGRI Semarang. Dapat diakses secara Online http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/sen_2017/sen_2017/paper/view/1692/1674
Sudjana, N. (1992). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Van de Walle, J. A., Karp, K. S., & Bay-Williams, J. M. (2010). Elementary and Middle School Mathematics: Teaching Developmentally. USA: Pearson Education, Inc.
Penulis
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.