Penggunaan Puzzle Tangram untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Bangkalan pada Materi Keliling dan Luas Segiempat
Abstract
Media pembelajaran yang mampu meningkatkan kreatifitas dan inovasi siswa masih sangat jarang digunakan dalam proses pembelajaran matematika. Media pembelajaran puzzle tangram sampai saat ini masih digunakan terbatas sebagai media pembelajaran di satuan tingkat pendidikan Sekolah Dasar. Padahal media ini dapat diterapkan di satuan pendidikan yang lebih tinggi misal di Sekolah Menengah Pertama atau Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan media pembelajaran puzzle tangram terhadap prestasi belajar siswa dan seberapa besar persentase peningkatan prestasi belajar siswa kelas 7B SMP Negeri 5 Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terbagi menjadi beberapa siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas 7B SMP Negeri 5 Bangkalan sebanyak 24 siswa dengan 5 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan prestasi belajar siswa kelas 7B SMP Negeri 5 Bangkalan dapat ditingkatkan dengan menggunakan media pembelajaran puzzle tangram untuk materi keliling dan luas segi empat. Terlihat dari hasil evaluasi siklus I dan siklus II terjadi peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 6,62%.
Â
Full text article
References
Agustin, Dini. 2011. Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Dengan Bantuan Teman Sejawat. Skripsi tidak Diterbitkan. Surabaya. Program Sarjana Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surabaya
Arikunto, Suharsimi dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Dananjaya, Utomo. 2010. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: NUANSA
Pujiati. 2004. Penggunaan Alat Peraga Dalam pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG)
Sadiman, Arief dkk. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. 2010. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada
Soeharto, Karti dkk. 2003. Teknologi Pembelajaran. Surabaya : Surabaya Intellectual Club Priyana, Joko. Program-program Unggulan Kelas Bilingual. http://www.smpn1bantul.net/profil/visi-danmisi/program=unggulan/pendahuluan/ (diakses tanggal 7 Januari 2013)
http://syukronsahara.blogspot.com/2011/05/penggunaan-media-games-puzzle.html (diakses tanggal 6 Januari 2013)
http://www.artikata.com/arti-147115-puzzle.html (diakses tanggal 6 Januari 2013)
(http://adekaedutoysandcraft.com/?page_id=337) (diakses tanggal 7 Januari 2013)
www.KamusBahasaIndonesia.org (link pencari arti kata secara online diakses tanggal 6 Januari 2013)
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ