Penggunaan Puzzle Tangram untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Bangkalan pada Materi Keliling dan Luas Segiempat

Achmad Joko Purnomo (1)
(1) Mahasiswa Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstract

Media pembelajaran yang mampu meningkatkan kreatifitas dan inovasi siswa masih sangat jarang digunakan dalam proses pembelajaran matematika. Media pembelajaran puzzle tangram sampai saat ini masih digunakan terbatas sebagai media pembelajaran di satuan tingkat pendidikan Sekolah Dasar. Padahal media ini dapat diterapkan di satuan pendidikan yang lebih tinggi misal di Sekolah Menengah Pertama atau Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan media pembelajaran puzzle tangram terhadap prestasi belajar siswa dan seberapa besar persentase peningkatan prestasi belajar siswa kelas 7B SMP Negeri 5 Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terbagi menjadi beberapa siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas 7B SMP Negeri 5 Bangkalan sebanyak 24 siswa dengan 5 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan prestasi belajar siswa kelas 7B SMP Negeri 5 Bangkalan dapat ditingkatkan dengan menggunakan media pembelajaran puzzle tangram untuk materi keliling dan luas segi empat. Terlihat dari hasil evaluasi siklus I dan siklus II terjadi peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 6,62%.

 

Full text article

Generated from XML file

References

Agustin, Dini. 2011. Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Dengan Bantuan Teman Sejawat. Skripsi tidak Diterbitkan. Surabaya. Program Sarjana Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surabaya

Arikunto, Suharsimi dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Dananjaya, Utomo. 2010. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: NUANSA

Pujiati. 2004. Penggunaan Alat Peraga Dalam pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG)

Sadiman, Arief dkk. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. 2010. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada

Soeharto, Karti dkk. 2003. Teknologi Pembelajaran. Surabaya : Surabaya Intellectual Club Priyana, Joko. Program-program Unggulan Kelas Bilingual. http://www.smpn1bantul.net/profil/visi-danmisi/program=unggulan/pendahuluan/ (diakses tanggal 7 Januari 2013)

http://syukronsahara.blogspot.com/2011/05/penggunaan-media-games-puzzle.html (diakses tanggal 6 Januari 2013)

http://www.artikata.com/arti-147115-puzzle.html (diakses tanggal 6 Januari 2013)

(http://adekaedutoysandcraft.com/?page_id=337) (diakses tanggal 7 Januari 2013)

www.KamusBahasaIndonesia.org (link pencari arti kata secara online diakses tanggal 6 Januari 2013)

Authors

Achmad Joko Purnomo
shoffanshoffa@gmail.com (Primary Contact)
Purnomo, A. J. (2016). Penggunaan Puzzle Tangram untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Bangkalan pada Materi Keliling dan Luas Segiempat. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1). Retrieved from https://journal.um-surabaya.ac.id/matematika/article/view/202

Article Details

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.