Transformasi Daya Saing Digital UMKM Desa Dimasa Pandemi Covid – 19

Penulis

  • Latihan Jurnal Universitas Muhammadiyah

DOI:

https://doi.org/10.30651/latih.v1i1.9988

Abstrak

Transformasi daya saing produk umkm secara digital perlu dilaksanakan secara berkelanjutan, perubahan kebiasaan dan pola dari pelaku umkm pun dari tradisional menjadi lebih milenial pun harus tetap konsisten agar produk yang ditawarkan dapat diterima oleh banyak konsumen dari semua segmentasi yang berimbas pada peningkatan omset. Karena tantangan umkm ditengah pandemi saat ini sangat rentan untuk tutup dan gulung tikar, maka dari itu perlu kesadaran dan hasrat yang tinggi untuk dapat meningkatkan kapasitas serta kemampuan untuk bisa bersaing secara luas karena pasar digital perkembangannya saat cepat dan sangat luas. Bertahan saja tidak cukup tapi mengembangkan usaha di masa pandemi, itu yang harus dipaksakan agar dunia usaha para pelaku umkm dapat maju dan berkembang diera penuh tantangan saat ini. Adapun saran untuk para pelaku umkm agar dapat mengamalkan dan melanjutkan dari hasil kegiatan yang pengabdi telah lakukan, mudah-mudahan bisa menjadi referensi serta pengalaman baru agar bisa meningkatkan kapasitasnya, bisa bersaing lebih kompetitif dan bisa berkembang para pelaku usaha umkm walaupun ditengah pandemi saat ini.

Referensi

Amri, A. (2020). Pengaruh Periklanan Melalui Media Sosial Terhadap UMKM di Indonesia di Masa PAndemi. Jurnal Brand, 2(1), 123–130. https://www.academia.edu/42672824/Dampak_Covid-19_Terhadap_UMKM_di_Indonesia

Covid-, P., & Andayani, I. (2021). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Di Masa. http://journal2.um.ac.id/index.php/JPN/article/view/20221

Hidayat, R. (2021). Strategi Pengembangan UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jhoansyah, D., Tofik Isa, I., & Setiawan, I. (2020). The Innovation of Regional Typical Food Products Enye Bogarasa Chips in an Effort to Improve the Community’s Economy in the Village of Mekarmukti Waluran Sukabumi Regency. January. https://doi.org/10.4108/eai.5-11-2019.2292488

ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084

Mulyana, A. E., Hidayat, R., Andayani, N. R., & ... (2021). Pengembangan UMKM Melalui Sosialisasi dan Penyuluhan Secara Digital untuk Menunjang Keberlangsungan Usaha di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal …, 3(1), 62–76. https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/AbdiMas/article/view/2685

Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32361

Anggia, M. N., & Shihab, M. R. (2018). Strategi Media Sosial Untuk Pengembangan Umkm. Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 2(2), 159-170.

Riswanda, M., & Ghozali, I. (2020). Tips & Trick Android Root:Cara Cepat dan Mudah Belajar Tips & Trick Android. Jakad Media Publishing. www.nandroid19.com

Amelia, M. N., Prasetyo, Y. E., & Maharani, I. (2017). E-UMKM: Aplikasi Pemasaran Produk UMKM Berbasis Android Sebagai Strategi Meningkatkan Perekonomian Indonesia. Prosiding SNATIF, 11-16.

Arianto, B. (2015). Kampanye Kreatif Dalam Kontestasi Presidensial 2014.

Adi, M Kwartono. 2007. Analisis Usaha Kecil dan Menengah. Yogyakarta:Andi Offset.

Kotler, Philip And Gary Armstrong., 2018., Principle Of Marketing, 17e Global Edition, Pearson Education Limited, New York.

Amri, A. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap UMKM Di Indonesia. Jurnal Brand, 2 (1) hal 123-130 .

Asmaya, F. (2015). Pengaruh penggunaan media sosial facebook terhadap perilaku prososial remaja di kenagarian koto Bangun. Jom FISIP, hal 1-15.

Diterbitkan

2024-06-21

Terbitan

Bagian

Artikel