Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Guided Inquiry Pokok Bahasan Garis Singgung Lingkaran pada Siswa Madrasah Tsanawiyah

Abdul Kholik (1), Iis Holisin (2), Febriana Kristanti (3)
(1) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(3) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika dan respon siswa kelas VIII MTs Syarif Hidayatullah setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Guided Inquiry pada pokok bahasan Garis Singgung Lingkaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIII MTs Syarif Hidayatulloh tahun ajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, metode observasi, dan metode angket. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan hasil tes evaluasi siswa sebesar 21,88%. Peningkatan hasil aktivitas siswa aspek afektif yang mendapat kriteria aktif dan cukup aktif sebesar 3,12%. Peningkatan hasil aktivitas siswa aspek psikomotor yang mendapat kriteria terampil dan cukup terampil sebesar 25%. Selain itu hasil dari angket respon siswa sebesar 84,38% siswa dikategorikan sangat setuju dan setuju terhadap model pembelajaran kooperatfif tipe Guided Inquiry.

Full text article

Generated from XML file

References

Arikunto, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hamiyah, Nur dan Jauhar, Muhammad. 2014. Strategi Belajar Mengajar Di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Jakarta

Kuhlthau, dkk . 2007. Guided Inquiry Learning in the 21st Century. (Online). Tersedia: http://www.mediafire.com/view/?yyq1u548pp9wb73. Diakses pada tanggal 12 Januari 2015

Lie, Anita. 2010. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT. Grasindo

Lindawati, Sri. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal (Online). Tersedia: http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JP/article/download/997/990. Diakses pada tanggal 12 Januari 2015

Nuharini, Dewi dan Wahyuni, Tri. 2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya kelas VIII. Jakarta : Pusat perbukuan departemen pendidikan nasional Sanjaya Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Rawamangun-Jakarta: Kencana Perdana Media Group

Nurcholis. 2013. Implementasi Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Penarikan Kesimpulan Logika Matematika. Jurnal (Online). Vol. 01, No. 01. Tersedia:

http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/download/1707/1124. Diakses pada 12 Januari 2015

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenda Media

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press

Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Authors

Abdul Kholik
shoffanshoffa@gmail.com (Primary Contact)
Iis Holisin
Febriana Kristanti
Kholik, A., Holisin, I., & Kristanti, F. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Guided Inquiry Pokok Bahasan Garis Singgung Lingkaran pada Siswa Madrasah Tsanawiyah. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.30651/must.v1i1.94

Article Details

Most read articles by the same author(s)