Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pokok Bahasan Probabilitas Mata Kuliah Statistik pada Perguruan Tinggi AMIK DCC Bandar Lampung

Tsamaniariaty Hidayah (1)
(1) AMIK Dian Cipta Cendikia, Bandar Lampung, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) membuat perencanaan pembelajaran, 2) melakukan  pelaksanaan pembelajaran, 3) mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis mahasiswa, dan 4) mengetahui peningkatan pemahaman mahasiswa melalui model PBM. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan mengunakan tiga siklus. Kegiatan setiap siklus yaitu membantu mahasiswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar, mendorong mahasiswa untuk mengumpulkan informasi, membantu mengembangkan dan menyajikan hasil karya. Penelitian dilakukan pada mahasiswa Perguruan Tinggi AMIK DCC Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017 / 2018, data dikumpulkan dengan observasi dan tes serta dianalisis secara deskriptif analisi. Hasil penelitian adalah: 1) desain pembelajaran sesuai dengan hasil analisis kebutuhan tentang rendahnya kemampuan berpikir kritis dan pemahaman mahasiswa, 2) aktivitas mahasiswa dalam proses pembelajaran adalah dosen membimbing mahasiswa untuk menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah, 3) kemampuan keterampian berpikir kritis mahasiswa mengalami peningkatan setiap siklusnya, dan 4) pemahaman mahasiswa tentang materi juga meningkat setiap siklusnya.

Full text article

Generated from XML file

References

Darmadi. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta : Jakarta.

Depdikbud. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Jumroh. 3008. Kondisi belajar dan teori pembelajaran. Terjemahan. Munansir, Jakarta.

Pargito. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Bagi Dosen Dan Dosen. Anugrah Utama Raharja (AURA) : Bandar Lampung.

Sagala. 2009. Pemanfaatan Buku Teks Dalam Proses Belajar Mengajar. CV.Remaja Karya: Bandung.

Authors

Tsamaniariaty Hidayah
tsa.pasca12@yahoo.co.id (Primary Contact)
Hidayah, T. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pokok Bahasan Probabilitas Mata Kuliah Statistik pada Perguruan Tinggi AMIK DCC Bandar Lampung. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(2), 197–208. https://doi.org/10.30651/must.v4i2.2976

Article Details