Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pokok Bahasan Probabilitas Mata Kuliah Statistik pada Perguruan Tinggi AMIK DCC Bandar Lampung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) membuat perencanaan pembelajaran, 2) melakukan pelaksanaan pembelajaran, 3) mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis mahasiswa, dan 4) mengetahui peningkatan pemahaman mahasiswa melalui model PBM. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan mengunakan tiga siklus. Kegiatan setiap siklus yaitu membantu mahasiswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar, mendorong mahasiswa untuk mengumpulkan informasi, membantu mengembangkan dan menyajikan hasil karya. Penelitian dilakukan pada mahasiswa Perguruan Tinggi AMIK DCC Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017 / 2018, data dikumpulkan dengan observasi dan tes serta dianalisis secara deskriptif analisi. Hasil penelitian adalah: 1) desain pembelajaran sesuai dengan hasil analisis kebutuhan tentang rendahnya kemampuan berpikir kritis dan pemahaman mahasiswa, 2) aktivitas mahasiswa dalam proses pembelajaran adalah dosen membimbing mahasiswa untuk menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah, 3) kemampuan keterampian berpikir kritis mahasiswa mengalami peningkatan setiap siklusnya, dan 4) pemahaman mahasiswa tentang materi juga meningkat setiap siklusnya.
Full text article
Generated from XML file
References
Darmadi. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta : Jakarta.
Depdikbud. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Jumroh. 3008. Kondisi belajar dan teori pembelajaran. Terjemahan. Munansir, Jakarta.
Pargito. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Bagi Dosen Dan Dosen. Anugrah Utama Raharja (AURA) : Bandar Lampung.
Sagala. 2009. Pemanfaatan Buku Teks Dalam Proses Belajar Mengajar. CV.Remaja Karya: Bandung.
Authors
Hidayah, T. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pokok Bahasan Probabilitas Mata Kuliah Statistik pada Perguruan Tinggi AMIK DCC Bandar Lampung. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(2), 197–208. https://doi.org/10.30651/must.v4i2.2976
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ