Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas VB SDN 1 Tawangmangu Semester Genap Tahun 2020/2021

Muslihah Sari Aziz (1)
(1) Universitas Muhamadiyah Surakarta

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas VB SDN 1 Tawangmangu semester genap tahun 2020/2021 dengan penerapan metode eksperimen. Jenis penelitian yang dilakukan penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reasearch). Subjek penelitian siswa kelas VB SDN 1 Tawangmangu sejumlah 25 siswa. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, skala motivasi untuk mengukur motivasi belajar IPA. Teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VB SDN 1 Tawangmangu. Kondisi awal sebelum siklus rata-rata motivasi belajar IPA siswa menunjukkan angka 53,68 berkategori sedang. Siklus I mengalami peningkatan rata-rata motivasi belajar IPA siswa menjadi 69,16 berkategori tinggi. Siklus II mengalami peningkatan rata-rata motivasi belajar IPA siswa lagi menjadi 74,28 berkategori sangat tinggi.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Biasi, V., Vincenzo, C. De, & Patrizi, N. (2018). Cognitive Strategies , Motivation to Learning , Levels of Wellbeing and Risk of Drop-out : An Empirical Longitudinal Study for Qualifying Ongoing University Guidance Services. Journal of Educational and Social Research, 8(2), 79–91. https://doi.org/10.2478/jesr-2018-0019

Cahyani, A., Listiana, I. D., Puteri, S., Larasati, D., Islam, U., Sunan, N., … Belajar, M. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140.

Chiang, C. L., & Lee, H. (2015). The Effect of Project-Based Learning on Learning Motivation and Problem-Solving Ability of Vocational High School Students. International Journal of Information and Education Technology, 6(9), 709–712. https://doi.org/10.7763/ijiet.2016.v6.779

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar, cet. ke-4. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Elisanti, E., & Prayitno, B. A. (2018). The Profile of Critical Thinking Skill Students in XI Grade of Senior High School. Journal of Advances in Social Science, Education and Humanities Research,Atlantis Press, 218(ICoMSE 2017), 205–209.

Elisanti, E., Sajidan, S., & Prayitno, B. A. (2018). The Effectiveness Of Inquiry Lesson-Based Immunity System Module To Empower The Students’ Critical Thinking Skill. Journal of Edusains, 10(1), 97–112.

Hadis, A., & Nurhayati, B. (2006). Psikologi dalam pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Martin, A. J., & Papworth, B. (2016). Boarding School, Academic Motivation and Engagement, and Psychological Well-Being: A Large-Scale Investigation. American Educational Research Journal, 51(5), 1007–1049. https://doi.org/10.3102/0002831214532164

Mulyasa, E. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto, Y. P., Masykuri, M., Soeparmi, S., & Elisanti, E. (2019). Analysis of Science Students Critical Thinking Skill in Junior High School Analysis of Science Students Critical Thinking Skill in Junior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1233(012086), 1–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012086

Rudibyani, R. B., Perdana, R., & Elisanti, E. (2020). Development of Problem-Solving-Based Instrument in Electrochemistry Knowledge Assessment. International Journal of Instruction, 13(4), 957–974.

Sadirman, A. M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Sufianti, A., & Permana, J. (2015). Pengaruh motivasi kerja dan kompetensi profesional terhadap kinerja dosen di sekolah tinggi pariwisata bandung. Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXII, 1(1), 14–25.

Syaefudin, U. (2009). Inovasi pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Twiningsih, A., & Elisanti, E. (2021). Development of STEAM Media to Improve Critical Thinking Skills and Science Literacy : A Research and Development Study in SD Negeri Laweyan Surakarta , Indonesia. International Journal of Emerging Issues in Early Childhood Education (IJEIECE), 3(1), 25–34.

Uno, H. B. (2010). Teori Motivasi & Pengukurannya, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Wetsch, L. R., & Wetsch, L. R. (2016). Using Peer Benchmarking to Improve Student Motivation , Effort and Performance. Journal of Marketing Education Review, 19(1), 89–93. https://doi.org/10.1080/10528008.2009.11489065

Penulis

Muslihah Sari Aziz
muslihahsariaz@gmail.com (Kontak utama)
Biografi Penulis

Muslihah Sari Aziz, Universitas Muhamadiyah Surakarta

Universitas Muhamadiyah Surakarta

Rincian Artikel

Artikel Serupa

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found