PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MICROSOFT OFFICE 365 BERBANTUKAN MODUL DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SD
Abstrak
Kurikulum 2013 dengan penggunakan tema sebagai pemersatu semua materi. Saat ini tidak terlaksana sesuai dengan yang diharapkan. Permasalahan yang terjadi adalah hasil belajar mata pelajaran IPS masih rendah serta kurangnya media pembelajaran dalam pembelajaran tema. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi pengembangan berupa media pembelajaran tematik sway Microsoft 365 berbatukan modul mata pelajaran IPS bagi siswa SD yang valid, praktis dan efektif. Pengembangan berdasarkan model Borg&Gall terdiri dari 10 langkah. Subjek pengujian penelitian adalah siswa kelas lima SD negeri Jatinegara 01 dan SD Muhammadiyah Jatinegara. Media pembelajaran sway Microsoft 365 dan modul divalidasi oleh 3 validator menggunakan instrument lembar validasi dan memenuhi kriteria valid mencapai skor rata-rata 3,53 yaitu mencapai skor 3,69 untuk validator media sway Microsoft 365 dan 3,52 untuk validator modul. Kepraktisan media berbatukan modul dinilai oleh guru sebagai praktisi/observer menggunakan angket dan masuk kategori sangat baik, meliputi keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa dalam pembelajaran dan masuk kategori sangat baik. Meliputi skor rata-rata keterlaksanaan pembelajaran diperoleh rata-rata 4,52 dan sebesar 88,4 untuk nilai rata-rata respon positif siswa. Keefektifan dinilai menggunakan analisis spss hasil belajar dari dua kelas dengan menerima  yaitu proporsi siswa dengan menggunakan media pembelajaran Microsoft office 365 berbantukan modul yang mencapai ketuntasan nilai 70 telah melampaui 75% yaitu mencapai nilai 83,4.
Artikel teks lengkap
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.