Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model STAD Terhadap Mata Pelajaran PKn Kelas V SDN Sedapurklagen Tahun Pelajaran 2016/2017
Abstrak
Bagaimanakah caranya agar siswa tidak melupakan materi pelajaran yang telah diterimanya agar siswa nantinya siap menghadapi ujian kenaikan kelas yang siap atau tidak siap harus mereka hadapi. Bagaimanakah membuat suatu materi ajar agar agar tidak terlupakan oleh anak didik. Dalam hal ini guru harus mencari metode untuk mengingatkan segala memori di benak siswa yang telah mereka terima. Guru harus bisa membangkitkan kembali memori itu. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Sedapurklagen tahun pelajaran 2016/2017 Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (72,43%), siklus II (78,32%), siklus III (89,18%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD pada materi pelajaran PKN dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa kelas V serta Pembelajaran Kooperatif Model STAD ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran.
Artikel teks lengkap
Referensi
Andayani, Dkk. 2008 Pemantapan Kemampuan Profesional, Jakarta : Universitas Terbuka
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1994. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar, Jakarta. Balai Pustaka.
Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning. Jakarta : Gramedia.
Margono. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineksa Cipta.
Poerwodarminto. 1991. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Bina Ilmu.
Soekamto, Toeti. 1997. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung : PT IGAK
Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.
Wardani, I.G.A.K, Julaecha, Siti, Marsinah, Ngadi. 2007. Panduan Pemantapan Kemampuan Profesioanal, Jakarta : Universitas Terbuka
Wardhani, dkk. 2007. Karya Tulis Ilmiah. Jakarta : Universitas Terbuka
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara
Wetherington. H.C. dan W.H. Walt. Burton. 1986. Teknik-teknik Belajar dan Mengajar. (terjemahan) Bandung: Jemmars.
Winataputra, Udin S, dkk. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Universitas Terbuka.
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.