Analisis Bahaya dan Upaya Pencegahan Keadaan Nearmiss Pesawat Angkat-Angkut Hoist pada Area Warehouse di PT. XYZ

Nabila Rahmawati (1), M Hanifuddin Hakim (2)
(1) Department of Industrial Engineering, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstrak

PT. XYZ adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur kaca lembaran dan produk turunannya yang berlokasi di Jawa Timur. PT. XYZ memanfaatkan pesawat angkat-angkut hoist dalam melakukan aktivitas stuffing (pengepakan) arack pada truk (domestik) maupun kontainer (export) dan repair kaca size medium hingga jumbo pada area warehouse. Penggunaan hoist sebagai alat bantu tidak menutup kemungkinan tidak terjadi kedaan near miss hingga accident atau kecelakaan kerja. Penggunaan hoist tentunya memungkinkan terjadinya near miss hingga kecelakaan kerja. Di wilayah PT. XYZ pada tahun 2020 tercatat data 10 kejadian nearmiss. Dari 10 laporan near miss, 1 diantaranya berlokasi di area warehouse yang disebabkan karena penggunaan hoist. Analisis faktor penyebab bahaya menggunakan analisis diagram fishbone. Berdasarkan analisis melalui diagram fishbone yaitu adanya faktor penyebab bahaya dari manusia yang diakibatkan karena pekerja kurang berhati-hati dalam melakukan pekerjaan seperti melakukan pekerjaan secara tidak fokus. Upaya pencegahan dari adanya penyebab faktor manusia yaitu dengan memastikan operator wajib memiliki SIO (Surat Izin Operator), peringatan dalam bentuk Soccer Card, dan tes kesehatan pekerja sebelum memulai pekerjaan.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

T. Ihsan, T. Edwin, and R. Octavianus Irawan, “Analisis Risiko K3 Dengan Metode Hirarc Pada Area Produksi Pt Cahaya Murni Andalas Permai,†J. Kesehat. Masy. Andalas, vol. 10, no. 2, p. 179, 2017, doi: 10.24893/jkma.v10i2.204.

E. Alfiansah Yunus, Kurniawan Bina, “Analisis Upaya Manajemen K3 Dalam Pencegahan Dan Pengendalian,†vol. 8, no. September, pp. 1–6, 2020.

M. Nur, “Analisis Tingkat Risiko Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Dengan Menggunakan Metode Hirarc Di Pt. Xyz,†J. Tek. Ind. Terintegrasi, vol. 4, no. 1, pp. 15–20, 2021, doi: 10.31004/jutin.v4i1.1937.

N. Wahyuni, B. Suyadi, and W. Hartanto, “Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Pt. Kutai Timber Indonesia,†J. Pendidik. Ekon. J. Ilm. Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekon. dan Ilmu Sos., vol. 12, no. 1, p. 99, 2018, doi: 10.19184/jpe.v12i1.7593.

G. A. A. Bangun and W. Hariyono, “Analisis Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja ( K3 ) Pada Kapal Penumpang di PT PELNI Semarang,†Semin. dan Konf. Nas. IDEC, vol. 3, no. 2579–6429, pp. 1–6, 2019.

G. J. Eldrin and E. Sarvia, “Desain Alat Bantu Ergonomis Di Depo Pasar Ikan Kota Tasikmalaya,†J. Tek. Ind. J. Has. Penelit. dan Karya Ilm. dalam Bid. Tek. Ind., vol. 7, no. 1, p. 63, 2021, doi: 10.24014/jti.v7i1.11681.

F. Ramadhan, “Analisis Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) menggunakan metode Hazard Identification Risk Assessment and Risk Control (HIRARC),†Semin. Nas. Ris. Terap., no. November, pp. 164–169, 2017.

Kuswardana, “Analisis Penyebab Kecelakaan Kerja Menggunakan Metode RCA ( Fishbone Diagram Method And 5 – Why Analysis ) di PT . PAL Indonesia,†Conf. Saf. Eng. Its Appl., pp. 141–146, 2017.

F. P. Rahmadhani, L. Handoko, and M. R. Dhani, “Analisis Kecelakaan Pada Pekerjan Loading Unloading Menggunakan Metode Fishbone Diagram Dan Scat,†Proceeding 2nd Conf. Saf. Eng. Its Appl., vol. 2, no. 1, pp. 287–292, 2018.

H. Asmoko, “Teknik Ilustrasi Masalah - Fishbone Diagrams,†Balai Diklat Kepemimpinan, Pusdiklat Pengemb. SDM, BPPK, pp. 1–8, 2017.

Penulis

Nabila Rahmawati
nabilrahmawati47@gmail.com (Kontak utama)
M Hanifuddin Hakim
Rahmawati, N. dan Hakim, M. H. (2022) “Analisis Bahaya dan Upaya Pencegahan Keadaan Nearmiss Pesawat Angkat-Angkut Hoist pada Area Warehouse di PT. XYZ”, MINE-TECH: Journal of Manufacturing in Industrial Engineering & Technology. Surabaya, Indonesia, 1(2), hlm. 10–19. doi: 10.30651/mine-tech.v1i2.16789.

Rincian Artikel