Isi Artikel Utama

Abstrak

Hampir seluruh penduduk Dusun Wonokoyo Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan menggantungkan hidup sebagai petani padi dan palawija. Penghasilan sebagai petani hanya dirasakan tiga kali dalam setahun dan tidak menentu, bahkan kerap merugi. Sebenarnya, masyarakat dusun Wonokoyo mempunyai peluang usaha lain untuk membantu meningkatkan perekonomian yaitu produksi garam yang dibuat dari air kawah Bukit Citro yang terletak di dusun tersebut. Kurangnya pengetahuan mengenai cara-cara mengembangkan usaha garam menjadi hambatan bagi masyarakat dusun tersebut. Oleh sebab itu, serangkaian kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan untuk membantu mengembangkan usaha tersebut. Kegiatan tersebut mencakup uji laboratorium logam berat dan mikrobiologi, desain produk, serta merancang proses bisnis. Beberapa perwakilan masyarakat dilibatkan untuk memberikan saran dan keputusan dalam mendesain produk dan merancang proses bisnis. Selain itu, semua masyarakat juga mengikuti pelatihan digital marketing dan sosialisasi rencana pengembangan produk. Kegiatan terakhir adalah mengumpulkan tanggapan masyarakat terhadap kegiatan ini melalui wawancara. Hasil pengujian laboratorium menunjukkan bahwa mikrobiologi kurang dari  CFU/g dan tidak terindikasi logam berat. Desain produk dan proses bisnis juga telah dibuat dan telah disetujui oleh masyarakat. Pelatihan digital marketing telah dilakukan dan mendapatkan respon positif dari masyarakat.

Kata Kunci

Bukit Citro Desain Produk Digital Marketing Garam Proses Bisnis

Rincian Artikel

Referensi

  1. Badan Pusat Statistik. (2018). Lamongan Dalam Angka. Badan Pusat Statistik.
  2. Badan Standardisasi Nasional. (2010). SNI 3556:2010. Garam Konsumsi Beryodium. Badan Standardisasi Nasional.
  3. Desai, V. (2019). Digital Marketing: A Review. International Journal of Trend in Scientific Research and Development, Special Issue, 91–94. https://doi.org/10.31142/ ijtsrd23072
  4. Dhameria, V. (2014). Analisis Pengaruh Keunikan Desain Kemasan Produk, Kondusivitas Store Environment, Kualitas Display Produk Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif (Studi Pada Pasaraya Sri Ratu Pemuda Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, XIII(1), 1–44.
  5. Dunakhe, K., & Panse, C. (2022). Impact of digital marketing – a bibliometric review. In International Journal of Innovation Science. https://doi.org/10.1108/IJIS-11-2020-0263
  6. Fernandez, M. N. (2021). Menperin: Pertumbuhan Penggunaan Garam di Indonesia Cukup Tinggi. https://ekonomi.bisnis .com/read/20210924/257/1446713/menperin-pertumbuhan-peng gunaan-garam-di-indonesia-cukup-tinggi#:~:text=Pada 2021%2C total kebutuhan nasional,juta dollar AS pada 2020
  7. Handayani, J., Deriawan, D., & Hendratni, T. W. (2020). Pengaruh Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya pada Kepuasan Konsumen Shopping Good. Journal of Business and Banking, 10(1), 91–103. https://doi.org/10.14414/jbb.v10i1.2261
  8. Husniaty, Fardiaz, D., & Surjati, A. (2013). Jejaring Laboratorium Pengujian Pangan Indonesia. Sekretariat Jejaring Laboratorium Pengujian Pangan Indonesia.
  9. Kurniawan, A. N., Johari, A., & Rukmayadi, Y. (2021). Analisis Desain Kemasan Cheetos Jagung Bakar. FINDER: Journal of Visual Communication Design, 1(1), 1–8.
  10. Nurcaya, I. A. H. (2021). Kemenperin Sebut Kebutuhan Garam Industri 2021 Capai 3,8 Juta. https://ekonomi.bisnis.com/read/20210210/257/1354875/kemenperin-sebut-kebutuhan-garam-industri-2021-capai-38-juta#:~:text=Industri-,Kemenperin Sebut Kebutuhan Garam Industri 2021 Capai 3%2C8 Juta,merupakan kebutuhan dari industri manufaktur.
  11. Pratama, A. M., & Kusumawardhani, A. (2021). The Influence of Digital Marketing On Brand Equity Mediating By Brand Awarness. Diponegoro Journal Of Management, 10(4), 1–14. http://ejournal-s1.undip.ac.id/ index.php/dbr
  12. Putri, A. M., & Kurnia, P. (2018). Identifikasi Keberadaan Bakteri Coliform Dan Total Mikroba Dalam Es Dung-Dung Di Sekitar Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta. Media Gizi Indonesia, 13(1), 41. https://doi.org/10.20473/mgi.v13i1.41-48
  13. Rizaldi, A., & Hidayat, H. (2020). Digital Marketing Communication Strategy. Jurnal Entrepreneur Dan Entrepreneurship, 9(2), 49–152. https://doi.org/10.37715/jee.v9i2.1340
  14. Salim, Z., & Munadi, E. (2016). Info Komoditi Garam. Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.
  15. Utami, N. W. (2019). Semua Tentang Branding yang Harus Anda Tahu. https://www.jurnal.id/ id/blog/2017-semua-tentang-branding-yang-harus-anda-tahu/
  16. Wibowo, A. (2021). Potensi Pengembangan Standar Nasional Indonesia (SNI) Produk Garam Konsumsi Beryodium Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing. Pertemuan Dan Presentasi Ilmiah Standardisasi, 79–88. https://doi.org/10.31153/ppis.2020.95
  17. Yuvaraj, S., & Indumathi, R. (2018). Influence of digital marketing on brand building. International Journal of Mechanical Engineering and Technology, 9(7). https://doi.org/10.55041/ ijsrem12755

Artikel Serupa

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.