Isi Artikel Utama

Abstrak

Setelah  gempa  di Sumatera Barat 30 September 2009 banyak  koleksi  naskah menjadi rusak, bahkan masih ada masyarakat hanya ingin menyimpan naskah di rumah mereka. Sebagai warisan, dinamika naskah-naskah Islam berada dalam peradaban teks (hadhârah al-nash) selanjutnya diwariskan ke generasi sekarang, yang memuat informasi kehidupan manusia masa lalu. Sebagai sumber informasi berusia ratusan tahun, warisan yang terkandung di dalamnya menyimpan sebuah kearifan lokal, pesan leluhur, untuk menata kehidupan sekarang dan masa depan pokok-pokok pemikiran dalam berbagai disiplin ilmu. Pengabdian ini menggunanakan metode eksplorasi, identivikasi, digitalisasi, dan ceramah, tujuannya adalah membantu pewaris dalam merawat naskah, menumbuhkan kesadaran masyarakat pewaris naskah pentingnya merawat, teknik dan cara-cara melindungi naskah, dan memperpanjang usia naskah melalui proses alih media dalam format digitalisasi. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian ini ada dua belas naskah dikonservasi dan diidentivikasi judul dan ringkasan isinya, dibuat dalam bentuk digital, selanjutnya disimpan di dalam lemari yang layak.

Kata Kunci

Kearifan lokal Koleksi naskah Warisan

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Taufiqurrahman Taufiqurrahman, UIN Imam Bonjol Padang

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Imam Bonjol Padang / IV/b

Referensi

  1. Agusta, Leonando. 2013. “Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan CV Haragon Surabaya.†Agora 1(3): 1399–1408.
  2. Akhimuddin, Yusri. 2012. “Naskah [Asal Khilaf Bilangan Taqwim]: Relasi Ulama-Umara Di Minangkabau Abad Ke-17 Dalam Penetapan Awal Ramadan.†Manuskripta.
  3. Arsyad, Azhar. 2013. “Media Pembelajaran.†Rajagrafindo Persada. http://www.rajagrafindo.co.id/produk/media-pembelajaran/ (July 13, 2019).
  4. Baried, Siti Baroroh. 1994. Pengantar Teori Filologi. Cet. II. Yogyakarta: Badan Penelitian dan Publikasi Fakultas Sastra, Universitas Gadjah Mada.
  5. Braginsky, Vladimir. 1998. Yang Indah Berfaedah Dan Kamal, Sejarah Sastera Melayu Dalam Abad 7-19. Jakarta: INIS.
  6. Děroche, F. 2005. Islamic Codicology. London: Al-Furqan Islamic Heritage Foundation.
  7. Duff, Alistair S. 2013. Information Society Studies. Routledge.
  8. FA, Wiranto. 2008. Perpustakaan Dalam Dinamika Pendidikan Dan Kemasyarakatan : Dilengkapi Dengan UU No.43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan.
  9. Fathurahman, Oman. 2013. “A Textual Approach to Understanding Nusantara Muslims.†Studia Islamika 20(1). http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/studia-islamika/article/view/353 (July 9, 2020).
  10. Fathurahman, Oman, and Henri Chambert Loir. 1999. Khazanah Naskah: Panduan Koleksi Naskah-Naskah Indonesia Sedunia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
  11. Hidayat, A.T., A. Putra, and Ahmad C. 2011. Katalog Naskah Pasaman Surau Lubuk Landur Dan Mesjid Syekh Bonjol. Jakarta: Tinta Mas Indonesia.
  12. Hidayatullah, Dede. 2017. “NASKAH ILMU MA’RIFATULLAH: KODIKOLOGI, SUNTINGAN, STRUKTUR, DAN ISI TEKS The Manuscript of Ilmu Ma’rifatullah: Codicology, Editing, Structure, and Content.†METASASTRA: Jurnal Penelitian Sastra.
  13. Hunter, Eric J. 2017. Classification Made Simple: An Introduction to Knowledge Organisation and Information Retrieval. Routledge.
  14. Ismet, Buya. 2019. “Wawancara Pribadi Dengan Buya Ismet, 17 Agustus 2019, Surau Manggopoh Agam.â€
  15. Iswanto, Agus. 2016. “KECENDERUNGAN KAJIAN MANUSKRIP KEISLAMAN DI UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA.†Al-Qalam.
  16. J. Moleong, Lexy. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. http://perpustakaan.bppsdmk.kemkes.go.id//index.php?p=show_detail&id=5816.
  17. Lubis, Nabilah. 1996. Naskah, teks, dan metode penelitian filologi. Forum Kajian Bahasa & Sastra Arab, Fakultas Adab IAIN Syarif Hidayatullah.
  18. N, Arizal, Wita Dwika Listihana, and Nofrizal Nofrizal. 2019. “Mendeley: Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Dosen.†Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(2): 106-112–112.
  19. Pudjiastuti, Titik. 2007. “Kajian Kodikologis Atas Surat Sultan Kanoman, Cirebon (COD. OR. 2241 ILLB 17 (No. 80)).†Wacana, Journal of the Humanities of Indonesia.
  20. Riza, Yulfira. 2013. Katalogus Naskah Klasik Islam. Jakarta: PT Tinta Mas Indonesia.
  21. Schwab, Klaus. 2016. “The Fourth Industrial Revolution.†: 172.
  22. Soemantri, Sandha. 2019. “Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Digital.†Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(1): 64-69–69.
  23. Sugono, D. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. 4th ed. Jakarta: Pusat Bahasa Depatemen Pendidikan Nasional.
  24. Sutopo, Heribertus. 1988. Pengantar Penelitian Kualitatif: Dasar-Dasar Teoritis Dan Praktis. Surakarta: UNS Press.
  25. Syarif, Viola Dwi Putri. 2015. “PERAN PEMERINTAH DALAM MENYELAMATKAN NASKAH KUNO MINANGKABAU PASCA GEMPA PADANG UNTUK PELESTARIAN BUDAYA MASYARAKAT MINANGKABAU - PDF Free Download.†https://docplayer.info/79187832-Peran-pemerintah-dalam-menyelamatkan-naskah-kuno-minangkabau-pasca-gempa-padang-untuk-pelestarian-budaya-masyarakat-minangkabau.html (July 11, 2019).
  26. Tuanku Sidi, Zahmas Ari. 2019. “Wawancara Pribadi Dengan Pewaris Naskah, 12 Oktober 2019, Manggopoh Agam.â€
  27. Yudiafi, S.Z. 2011. Filologi. Jakarta: Universitas Terbuka.
  28. Yusuf, M. 2006. Katalogus Manuskrip Dan Skriptorium Minangkabau. Japan: Tokyo University of Foreign Studies.
  29. Zakaria, Ismail. 2019. “Pramono Menyelamatkan Naskah Kuno Minangkabau.†Kompas.id. https://kompas.id/baca/utama/2019/01/28/pramono-menyelamatkan-naskah-kuno-minangkabau/ (July 14, 2019).

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.