Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual Ditinjau dari Pemahaman Konsep Siswa

Dina Ahsanti Albar, Achmad Buchori, Yanuar Hery Murtianto

Abstract

Pendidikan saat ini sedang mengalami perubahan yang amat pesat. Untuk itulah dibutuhkan suatu media pembelajaran matematika yang menyenangkan dan manarik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika pada materi relasi dan fungsi. Penelitian dilaksanakan di SMPN 2 Tegowanu. Kelompok uji coba di kelas VIII F. Kelas VIII A dengan media dan pendekatan kontekstual. Kelas VIII C dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah ADDIE. (1) Analysis, analisis kebutuhan menunjukkan siswa membutuhkan media pembelajaran. (2) Design produk dihasilkan pada penelitian ini yaitu Lectora dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual ditinjau dari pemahaman konsep siswa. (3) Development media yang dikembangkan kemudian divalidasi oleh ahli media presentase sebesar 81% dan materi presentase sebesar 81%. (4) Implementation, tanggapan siswa di kelas VIII A tingkat pencapaian berada pada kategori sangat baik. (5) Evaluation data dalam penelitian ini terdiri dari data awal. Hasil dari posttest kedua kelas dilakukan uji kesamaan dua rata-rata didapat bahwa α = 0.05 diperoleh  = 2.04523 dan  = 6.76153  6.761526 > 2.04523 maka kesimpulan : Ho ditolak. Oleh karena itu, pemahaman konsep siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.

Keywords

kontekstual; multimedia interaktif; pemahaman konsep

References

Arda, Saehana, S., & Darsikin. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Siswa SMP Kelas VIII. e-Jurnal Mitra Sains, Vol. 1, No. 1, 69-77. ISSN: 2302-2027.

Herlina. (2016). The Improvement Of Mathematics Communication For Junior High School Students Through Contextual Mathematics Learning. Journal Of Mathematics Education, No. 1, Vol. 2, 21-25. ISSN: 2528-2468.

Leonard. (2012). Level Of Appreciation, Self Concept And Positive Thinking On Mathematics Learning Achievement. The Internasional Journal Of Social Sciences, Vol. 6, No. 1, 10-17. Issn: 2305-4557.

Mahendra, I. W. (2016). Contextual Learning Approach And Performance Assessment In Mathematics Learning. IRJMIS, Vol. 3, Issue 3, 11-26. ISSN: 2395-7495.

Malik, S., Agarwal, A. (2012). Use of Multimedia as a New Educational Technology Tool–A Study. International Journal of Information and Education Technology, Vol. 2, No. 5, 468-471.

Murtianto, Yanuar, Hery dan Lukman Harun. (2014). Pengembangan Strategi Pembelajaran Matematika SMP Berbasis Pendekatan Metakognitif Ditinjau dari Regulasi Diri Siswa. AKSIOMA. Vol. 5, N0. 2,76-92.

Rahmawati, N. D., Buchori, A., & Endahwuri, D. (2016). Efektifitas Penggunaan Multimedia Interaktif Dengan Pendekatan Matematika Realistik Pada Mata Kuliah Matematika SMA. JKPM, Vol. 3, No. 2, 28-36. ISSN: 2339-2444.

Rustam, Ahmad. (2016). Improving The Results Of Math Learning Through Scramble Cooperative Model With The Approach Of Contextual Teaching And Learning Model. Journal Of Mathematics Education, Vol. 1, No. 2, ISSN: 2528-2468.

Satiningsih, Ratna. (2014). Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol. 3, No. 2, 150-163.

Sukamto, Wardani, A. K. (2016). Pembelajaran Matematika Menggunakan CD Interaktif AMT Berbasis Lectora Inspire Untuk Siswa SD. Mimbar Sekolah dasar, Vol. 3, No. 1, 19-28.

Widada, W. (2016). Profile Of Cognitive Structure Of Students In Understanding The Concept Of Real Analysis. Journal Of Mathematics Education, Vol. 5, No. 5, 83-98. p- ISSN: 2089-6867. e-ISSN: 2460-9285.

Zuhri, M. S., & Rizaleni, E. A. (2016). Pengembangan Media Lectora Inspire Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa SMA Kelas X. PYTHGORAS, Vol. 5, No. 2, 113-119. ISSN: 2301-5314.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/must.v2i2.843

Refbacks

  • There are currently no refbacks.