Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) Ada perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajara Brain Based Learning. (b) Penerapan model pembelajaran Brain Based Learning dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis termasuk pada kategori tinggi. Penelitian ini menggunakan metode Pra-Eksperimen dengan desain penelitian One Grup Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Ciawigebang, Kabupaten Kuningan. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah salah satu kelas dari keseluruhan populasi yaitu kelas VII F. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Dari hasil analisis data diperoleh nilai thitung sebesar 30,91 dan nilai ttabel sebesar 1,795 pada taraf signifikansi 5%. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel (30,91 > 1,795) artinya ada perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajara Brain Based Learning. Peningkatan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berada pada kategori tinggi dengan diperoleh zhitung sebesar 1,66. Menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Brain Based Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Ciawigebang.
Full text article
References
Aminuddin, H. N. (2015). Pengaruh Pendekatan Brain Based Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa.
Jensen, E. (2008). Brain Based Learning:Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak. (N. Yusron, Trans.) Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Vol. 8). Jakarta: Kencana.
Simajuntak, L. (1993). Metode Mengajar Matematika. 73.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukoco, H. (2014). Efektivitas Pendekatan Brain Based Learning ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal AgriSains 05 (2), 148.
Syarwan, R. (2016). Jurnal Pendidikan Matematika .
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂÂ