Desain Pengembangan Modul Geometri Lukis

Siti Nuriyatin, Soffil Widadah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain pengembangan modul Geometri Lukis. Research and Development merupakan metode dalam penelitan ini. Modul yang dikembangkan ini disajikan untuk mendukung kemampuan pengajuan soal Geometri Lukis. Subyek penelitian adalah mahasiswa pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar tes dan lembar angket. Hasil validasi ahli memperoleh skor 4,64 dengan kategori sangat valid. Hasil angket sebesar 80,55 dengan respon positif. Hasil tes menunjukkan sebesar 80% subyek mampu mengajuakan soal dengan benar. Hasil validasi dan uji coba menunjukkan bahwa modul Geometri Lukis yang dikembangkan mempunyai kelayakan untuk digunakan.

Keywords

geometri lukis; modul; pengajuan soal

References

Aslan-Tutak, F., & Adams, T. L. (2015). A Study of Geometry Content Knowledge of Elementary Preservice Teachers. International Electronic Journal of Elementary Education, 7(3), 301-318.

Ball, D. L., Thames, M. H., & Phelps, G. (2008). Content Knowledge for Teaching: What Makes It Special? Journal of Teacher Education, 59(5), 389-407.

Cankoy, O. & Darbaz, S. (2010). Effect of A Problem Posing Based Problem Solving Instruction on Understanding Problem. Hacettepe University Journal of Education, 38, 11-24.

Goos, M. (2013). Knowledge for Teaching Secondary School Mathematics: What Counts? International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 44(7), 972-983.

Khabibah, S. (2006). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Surabaya: Disertasi. Tidak dipublikasikan.

Mewborn, D. (2001). Teachers Content Knowledge, Teacher Education, and Their Effects on The Preparation of Elementary Teachers in The United States. Mathematics Teacher Education and Development, 3, 28-36.

Nuriyatin, S. & Widadah, S. (2019). Kemampuan Pengajuan Soal Geometri Lukis Mahasiswa Pendidikan Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2019, p-ISSN 2528-4460, e-ISSN 2581-0634, 378-383.

Silver, E. A., & Chai , J. (1996). An Analysis of Arithmetic Problem Posing by Middle School Students. Journal For Research In Mathematic Education, 27(5), 521-539.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Trining Teachers of Exceptional Children. Minnesota: University of Minnesota.

Turhan, B. & Guven, M. (2014). The Effect of Mathematics Instruction with Problem Posing Approach on Problem Solving Success, Problem Posing Ability and Views Towards Mathematics. Cukurova University Faculty of Education Journal, 43(2), 217-234.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/must.v4i2.3357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.