PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BERKARAKTER PADA PERKULIAHAN INTENSIVE COURSE

Sofi Yunianti (1), Teguh Adimarta (2), Vega Hesmatantya (3)
(1) Pusat dokumentasi jurnal pendidikan, Indonesia,
(2) shoffanshoffa@gmail.com,
(3) shoffanshoffa@gmail.com

Abstrak

ABSTRAK

Mata kuliah Intensive Course bertujuan untuk membekali kemampuan bahasa Inggris mahasiswa semester I. Namun, seringkali menemui perbedaan kemamampuan yang signifikan. Selain itu, ada 3 mahasiswa semester I tahun ajaran 2014/2015 yang berasal dari Thailand yang dihadapkan pada prose adaptasi. Sehingga, dibutuhkan teman yang saling mendukung. Maka, pelaksanaan lesson study menekankan pada aspek kognitif dan karakter. Penelitian
ini bertujuan untuk; (1) mendiskripsikan bagaimana penerapan lesson study dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris melalui mata kuliah Intensive Course, (2) Mendiskripsikan peningkatan karakter mahasiswa melalui penerapan lesson study yang meliputi Ketulusan hati/Kejujuran (Honesty), Belas Kasih (Compassion), Kegagahberanian
(Courage), Kasih Sayang (Kindness), Kontrol diri (Self-Control), Kerjasama (Cooperation), dan Kerja Keras (Deligence/Hardwork). Penelitian ini menggunakakan pendekatan student-centered learning, penelitian ini memfokuskan pada empat siklus lesson study, yang
masing-masing siklus terdiri dari perencanaan (plan), pelaksanaan (do/open lesson), dan refleksi (see). Hasil penelitian menujukkan bahwa lesson study efektif dipraktikkan guna meningkatkan pembelajaran berkarakter pada mata kuliah Intensive Course karena
menujukkan peningkatkan kemampuan bahasa inggris sebesar 33,3 % dan peningkatan karakter ketulusan dari siklus 1- 4 menujukkan peningkatan 17,6 belas kasihan 26,5 keberanian 17,6 kasih sayang 8,8 kontrol diri 17,6 kerjasama 25,6 kerja keras 17,6.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Afiatin, Tina. 2009. Pembelajaran Berbasis Student-Centered Learning. Diunduh dari www.parametric.com

Brandes, Dona. Glinnis,Paul. 1996. A Guide to Student-Centred Learning. Cheltenham: Athenaeum Press

Eisuke Saito, (2012) “Strategies to promote lesson study in developing countriesâ€, International Journal of Educational Management, Vol. 26 Iss: 6, pp.565 - 576

Dalmeri. 2014. Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter. Jurnal Al-Ulum Volume 14 Nomor 1, Juni 2014 hal. 269-288

Hurd, Jacqueline. Lewis, Catherine. 2012. Lesson Study Step by Step:How Teacher learning Communities Improve Instructions.

Portsmounth. Heinemann.

Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York. Bantam Books.

Penulis

Sofi Yunianti
shoffanshoffa@gmail.com (Kontak utama)
Teguh Adimarta
Vega Hesmatantya

Rincian Artikel

No Related Submission Found