PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BERKARAKTER PADA PERKULIAHAN INTENSIVE COURSE
Abstrak
ABSTRAK
Mata kuliah Intensive Course bertujuan untuk membekali kemampuan bahasa Inggris mahasiswa semester I. Namun, seringkali menemui perbedaan kemamampuan yang signifikan. Selain itu, ada 3 mahasiswa semester I tahun ajaran 2014/2015 yang berasal dari Thailand yang dihadapkan pada prose adaptasi. Sehingga, dibutuhkan teman yang saling mendukung. Maka, pelaksanaan lesson study menekankan pada aspek kognitif dan karakter. Penelitian
ini bertujuan untuk; (1) mendiskripsikan bagaimana penerapan lesson study dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris melalui mata kuliah Intensive Course, (2) Mendiskripsikan peningkatan karakter mahasiswa melalui penerapan lesson study yang meliputi Ketulusan hati/Kejujuran (Honesty), Belas Kasih (Compassion), Kegagahberanian
(Courage), Kasih Sayang (Kindness), Kontrol diri (Self-Control), Kerjasama (Cooperation), dan Kerja Keras (Deligence/Hardwork). Penelitian ini menggunakakan pendekatan student-centered learning, penelitian ini memfokuskan pada empat siklus lesson study, yang
masing-masing siklus terdiri dari perencanaan (plan), pelaksanaan (do/open lesson), dan refleksi (see). Hasil penelitian menujukkan bahwa lesson study efektif dipraktikkan guna meningkatkan pembelajaran berkarakter pada mata kuliah Intensive Course karena
menujukkan peningkatkan kemampuan bahasa inggris sebesar 33,3 % dan peningkatan karakter ketulusan dari siklus 1- 4 menujukkan peningkatan 17,6 belas kasihan 26,5 keberanian 17,6 kasih sayang 8,8 kontrol diri 17,6 kerjasama 25,6 kerja keras 17,6.
Artikel teks lengkap
Referensi
Afiatin, Tina. 2009. Pembelajaran Berbasis Student-Centered Learning. Diunduh dari www.parametric.com
Brandes, Dona. Glinnis,Paul. 1996. A Guide to Student-Centred Learning. Cheltenham: Athenaeum Press
Eisuke Saito, (2012) “Strategies to promote lesson study in developing countriesâ€, International Journal of Educational Management, Vol. 26 Iss: 6, pp.565 - 576
Dalmeri. 2014. Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter. Jurnal Al-Ulum Volume 14 Nomor 1, Juni 2014 hal. 269-288
Hurd, Jacqueline. Lewis, Catherine. 2012. Lesson Study Step by Step:How Teacher learning Communities Improve Instructions.
Portsmounth. Heinemann.
Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York. Bantam Books.
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.