PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: pengaruh pendekatan problem solving terhadap prestasi belajar siswa Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen yang menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Satu kelas eksperimen yaitu SDN Rejondani dengan pendekatan problem solving dan satu kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan yaitu SDN Potrojayan II. Empat tahapan yang dilaksanakan dalam pendekatan problem solving yaitu memahami masalah (understand), menentukan solusi (plan), menerapkan solusi (solve), dan memeriksa kembali (check). Prestasi belajar diukur menggunakan instrumen tes berupa soal isian singkat. Terdapat empat belas soal isian singkat untuk pre-test maupun post-test berdasarkan indikator pembelajaran turunan dari kurikulum yang berlaku. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problem solving memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Uji anova kemudian dilanjutkan dengan uji post-Hoc menggunakan Uji Bonferroni dengan hasil 0,000 yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan rerata antara kelompok kelas kontrol dan kelas eksperimen. Perbedaan ini menjadi dasar bahwa problem solving memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar kelas V Sekolah Dasar.
Artikel teks lengkap
Referensi
Adair, J. (2010). Decision making and problem solving strategies (2nd ed.). London: Kogan Page.
Akhter, N., Akhtar, M., & Abaidullah, M. (2015). The perceptions of high school Mathematics problem solving teaching methods in Mathematics Education. Bulletin of Education and Research, 37(1), 1–23.
Astuti, D. D., Sumarwiyah, & Purbasari, I. (2020). Model problem solving untuk peningkatan hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 365–375. https://doi.org/10.5281/zenodo.3965088
Bennett, A. B., Burton, L. J., & Nelson, L. T. (2012). Mathematics for elementary teachers (9th ed.). New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.
Bradshaw, Z., & Hazell, A. (2017). Developing problem-solving skills in mathematics: a lesson study. International Journal for Lesson and Learning Studies, 6(1), 32–44. https://doi.org/10.1108/IJLLS-09-2016-0032
Butterworth, J. (2013). Thinking skills: Critical thingking and problem solving. In NASSP Bulletin (2nd ed.). https://doi.org/10.1177/019263658506948024
Charlesworth, R., & Leali, S. A. (2012). Using problem solving to assess young children’s mathematics knowledge. Early Childhood Education Journal, 39(6), 373–382. https://doi.org/10.1007/s10643-011-0480-y
Chevallier, A. (2016). Strategic thinking in complex problem solving. New York: Oxford University Press.
Cooke, H. (2007). Mathematics for primary and early years: Developing subject knowledge. In Mathematics for Primary and Early Years: Developing Subject Knowledge (2nd ed.). https://doi.org/10.4135/9781446216040
Cornoldi, C., Carretti, B., Drusi, S., & Tencati, C. (2015). Improving problem solving in primary school students: The effect of a training programme focusing on metacognition and working memory. British Journal of Educational Psychology, 85(3), 424–439. https://doi.org/10.1111/bjep.12083
Damayanti, R., & Mawardi, M. (2018). Developing of MITRA learning model of problem solving-based to solve mathematical problems in elementary school. Jurnal Prima Edukasia, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/jpe.v6i1.17238
Damopolii, I., Nunaki, J. H., & Supriyadi, G. (2018). Effect of Problem Solving Learning Model on Students Achievement. Journal of Education Research and Evaluation, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/jere.v2i1.12558
Fox, S., & Surtees, L. (2010). Mathematics across the curriculum. London: Continuum International Publishing Group.
Jonassen, D. H. (2011). Learning to solve problems. In Routledege. New York: Routledge.
Leong, Y. H., & Janjaruporn, R. (2015). Teaching of problem solving in school mathematics classrooms. The Proceedings of the 12th International Congress on Mathematical Education, 645–648. https://doi.org/10.1007/978-3-319-12688-3_79
Muzanni, A., & Muhyadi, M. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran problem solving mata pelajaran IPA terhadap hasil belajar kognitif siswa SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 1–11.
Permendikbud. (2016a). Permendikbud 24 tahun 2016. Jakarta, 2025, 5.
Permendikbud. (2016b). Permendikbud No 20. (August), 1–8.
Permendikbud. (2016c). permendikbud No 23. https://doi.org/10.31227/osf.io/munp2
Polya, G. (1985). How to Solve it: A new aspect of mathematical method (2nd ed.). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Rezeki, R., Sitompul, H., & Situmorang, J. (2020). The effect of learning strategies and cognitive styles on learning outcomes of mathematics after controlling intelligence. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(2), 1151–1163. https://doi.org/10.33258/birle.v3i2.1048
Saggaf, M. S., Salam, R., & Rifka, R. (2017). The Effect of classroom management on student learning outcomes. International Conference on Education, Science, Art and Technology, (July), 98–102.
Saihu. (2020). The effect of using talking stick learning model on student learning outcomes in islamic primary school of jamiatul khair, ciledug tangerang. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 6(1), 61–68. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v6i01.2325
Sangpom, W., Suthisung, N., Kongthip, Y., & Inprasitha, M. (2016). Advanced Mathematical Thinking and Students’ Mathematical Learning: Reflection from Students’ Problem-Solving in Mathematics Classroom. Journal of Education and Learning, 5(3), 72. https://doi.org/10.5539/jel.v5n3p72
Schunk, D. H. (2013). Learning theories: An educational perspective (6th ed.). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Suhendri, H., & Mardalena, T. (2015). Pengaruh metode pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kemandirian belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 105–114. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.117
Sukirman. (2016). Matematika untuk guru dan calon guru pendidikan dasar (Buku 1) (1st ed.). Yogyakarta: UNY Press.
Tambunan, H. (2019). The effectiveness of the problem solving strategy and the scientific approach to students’ mathematical capabilities in high order thinking skills. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 293–302. https://doi.org/10.29333/iejme/5715
Wibowo, A. (2017). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066
Yao-Ping Peng, M., & Chen, C. C. (2019). The effect of instructor’s learning modes on deep approach to student learning and learning outcomes. Educational Sciences: Theory and Practice, 19(3), 65–85. https://doi.org/10.12738/estp.2019.3.005
Yavuz, G., Deringöl, Y., & Arslan, Ç. (2017). Elementary school students perception levels of problem solving skills. Universal Journal of Educational Research, 5(11), 1896–1901. https://doi.org/10.13189/ujer.2017.051106
Penulis
Hak Cipta (c) 2024 Dwi Widyastuti Nurharyanto, Jaliani Jaliani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.