Pengembangan Modul Pembelajaran Aljabar Linier dan Matriks dengan Pendekatan Inkuiri untuk Mahasiswa Teknik Informatika
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan modul berbasis teori konstruktivis dengan pendekatan inkuiri. Modul ini dibatasi hanya pada materi penyelesaian sistem persamaan linier pada Mata Kuliah Aljabar Linier dan Matriks. Pengembangan modul pembelajaran ini dikembangkan dengan mengadaptasi tahapan pengembangan Dick & Carey. Modul yang telah dikembangkan ini diuji berdasarkan kriteria valid dan efektif. Selanjutnya, modul diuji kepada validator supaya valid dan diuji keefektifannya melalui uji normalitas dan paired sample test. Hasil dari penelitian ini adalah modul telah valid dan efektif.
Artikel teks lengkap
Referensi
Aminah, S. (2012). Pengembangan modul fungsi komposisi dan invers kelas XI berbasis realistic mathematic education [Universitas Negeri Malang]. http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/matematika/article/view/22380
Anjani, D., Suciati, & Maridi. (2017). The Effectiveness of inquiry-based learning module to improve the cognitive learning outcomes. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, First International Conference on Science, Mathematics, and Education, (hal. 155-160). Atlantis Press.
Athan, J. J. (2017). Comparing the effectiveness of an inquiry-based approach to that of conventional style of teaching in the development of students’ science process skills. International Journal of Environmental & Science Education, 12(8), 1797-1816.
Berman, A., & Shvartsman, L. (2016). Definitions are important: the case of linear algebra. European Journal of Science and Mathematics Education, 4(1), 26-32.
Dick, W. & Carey, L. (1996). The systematic design of instruction (4th ed.), New York: Harper Collins College Publishers
Hobri. 2010. Metodologi penelitian pengembangan: aplikasi pada penelitian pendidikan indonesia. Jember: Pena Salsabila
Parta, I Nengah. (2009). Pengembangan model pembelajaran inquiry untuk penghalusan pengetahuan matematika mahasiswa calon guru melalui pengajuan pertanyaan. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.
Patil, A. M., & Sachin, S. K. (2017). Teaching learning with constructivist approach. International Journal of Engineering Development and Research, 5(4), 308-312.
Rufii, R. (2015). Developing module on constructivist learning strategies to promote students' independence and performance. International Journal of Education, 7(1), 18-28. https://doi.org/10.5296/ije.v7i1.6675
Ruhela, R. (2014). The pain of the slow learners. Online International Interdisciplinary Research Journal, 4(4), 193-200.
Vasudevan, A. (2017). Slow learners – causes, problems and educational programmes. International Journal of Applied Research, 3(12), 308-313.
Penulis
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.