Pemahaman Mahasiswa tentang Konsep Grup pada Mata Kuliah Struktur Aljabar
Abstract
Full text article
References
Ag, M. M., dan Fathani, A. H. (2007). Mathematical Intelligence. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
Arnawa, M. I. (2006). “Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Mahasiswa dalam Aljabar Abstrak Melalui Pembelajaran Berdasarkan Teori APOSâ€. Disertasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Depdiknas (2003). Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi SMP. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Darminto, B. P. (2009). Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Aljabar dan SikapMahasiswa Calon Guru Matematika terhadap Pembelajaran Berbasis Komputer. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Aljabar, Pengajaran dan Terapannya. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY Yogyakarta.
Fadhilah, N. (2014). Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Volume Prisma Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). JPM: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2).
Fadillah, S., dan Jamilah. (2016). “Pengembangan Bahan Ajar Struktur Aljabar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswaâ€. Yogyakarta: Jurnal Ilmiah Cakrawala Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Hanifah dan Abadi, A. P. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Teori Grup. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 235-244.
Ikrimah dan Darwis, M. (2016). Understanding Student Profile SMP IT Al-Fityan Gowa School Class IX at Problem Solving Viewed from The Reasoning Ability of Mathematics. Jurnal Daya Matematis, 4(2), 129-142.
Jafar. (2013). Membangun Pemahaman yang Lengkap (Completely Understanding) dalam Pembelajaran Konsep Grup. KNPM V Himpunan Matematika Indonesia.
Kesumawati, N. 2008. Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika 2008.
Listiawati, E. (2015). Pemahaman Mahasiswa Calon Guru pada Konsep Grup. Jurnal APOTEMA, 1(2).
Nickerson, R. S. (1985). Understanding understanding. American Journal of Education, 43(2), 201-239.
Rahayuningsih, S. (2018). Pemahaman Konsep Mahasiswa Perempuan dalam Menyelesaikan Masalah Grup. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(1), 70-81.
Rubowo, M. R., dan Wulandari, D. (2017). Profil Pemahaman Konseptual Mahasiswa Pendidikan Matematika Tentang Ring pada Mata Kuliah Struktur Aljabar 2 Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Semarang: Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (2nd SENATIK) Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPATI-Universitas PGRI Semarang. Dapat diakses secara Online http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/sen_2017/sen_2017/paper/view/1692/1674
Sudjana, N. (1992). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Van de Walle, J. A., Karp, K. S., & Bay-Williams, J. M. (2010). Elementary and Middle School Mathematics: Teaching Developmentally. USA: Pearson Education, Inc.
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ