Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match

Nurul Itsnaini (1)
(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstract

Salah satu masalah dalam pembelajaran matematika adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa, yang disebabkan karena model pembelajaran matematika yang diterapkan di kelas monoton dan suasana kelas kurang menyenangkan. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Sampang, aktivitas siswa, dan respon siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Sampang. Hasil analisis data hasil belajar siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Sampang dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Rata-rata nilai siswa sebelum tindakan dan setelah tindakan terjadi peningkatan 15,77%. Hasil analisis aktivitas siswa mendengarkan/memperhatikan penjelasan guru memperoleh prosentase terbesar, yaitu 41,78%. Hasil analisis lain yaitu respon siswa menunjukkan respon positif, yaitu 84% siswa setuju apabila model pembelajaran kooperatif tipe make a match digunakan dalam pembelajaran matematika.

Full text article

Generated from XML file

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Hidayati, Fahmi. 2010. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 2 Surabaya Dengan Menggunakan Metode Tutor Sebaya Tahun Ajaran 2009-2010. Skripsi.

Inus. 2012. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pokok Operasi Hitung Pecahan Dengan Model Make A Match Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Mangunsari 04 Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Semeter II Tahun Pelajaran2011/2012.(http://repository.library.uksw.edu/bitstream/handle/123456789/950/T1_292008231_Judul.pdf?sequence=1 diakses tanggal 01 Februari 2013)

Nuharini, dewi, Wahyuni, tri. 2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Sardiman. 2007. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Authors

Nurul Itsnaini
nurulisnaini90@gmail.com (Primary Contact)
Itsnaini, N. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2). Retrieved from https://journal.um-surabaya.ac.id/matematika/article/view/223

Article Details

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.