Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan VAIR pada Materi Segiempat Siswa Kelas VII SMP Islam Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya
Abstract
Matematika sering dianggap siswa sebagai pelajaran yang sulit, oleh karena itu guru harus menggunakan cara yang tepat dalam mengajarkannya. Salah satu solusi dari permasalahan itu adalah pembelajaran kooperatif dengan pendekatan VAIR yang bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa, hasil belajar, serta respon siswa. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif dengan rancangan one shot-case study dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Islam Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya yang berjumlah 16 siswa. Data yang diperoleh dari penelitian yaitu data aktivitas siswa yang diperoleh melalui lembar pengamatan aktivitas, data hasil belajar siswa yang diperoleh melalui soal evaluasi, serta data respon siswa yang diperoleh melalui lembar angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa aktivitas siswa yang paling menonjol pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua adalah mendengarkan penjelasan guru atau siswa lain (Auditory) dengan prosentase masing-masing sebesar 19,65 % dan 21,84 %. Hasil belajar siswa pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua sebesar 87,5 %. Respon siswa pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua sangat positif dengan prosentase masing-masing sebesar 88,31 % dan 91,56 %.
Full text article
References
Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta. Bumi Aksara.
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Khabibah, Siti. 2006. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Dengan Soal Terbuka Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Disertai tidak dipublikasikan. Surabaya: Unesa
Meier, D. 2002. The Accelerated Learning Hand Book Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Penelitian. (http://www.bathdeville.ac.id/gsdl/collect /arcives/N2890c1/7896.dir/doc.pdf) Diakses pada tanggal 3 Februari 2013 jam 12.30 Wib.
Putri, Suci Anugraheni. 2011. Peningkatan Aktivitas dan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Aktif Tipe Questions Student have Kelas VIII SMPN 28 Surabaya Tahun Ajaran 2010-2011. Surabaya:Universitas Muhammadiyah Surabaya. Skripsi Tidak Dipublikasikan.
Sadirman, A.M. 2007. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto.2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiarto, Bambang. 2009. Mengajar Siswa Belajar Implementasi Guru di Dalam Kelas. Surabaya: Unesa University Press.
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ