Korelasi antara Mata Kuliah Kajian dan Pengembangan Matematika SMA dengan Mata Kuliah Program Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surabaya Tahun Angkatan 2009
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui korelasi antara mata kuliah Kajian dan Pengembangan Matematika SMA dengan mata kuliah Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surabaya Tahun Angkatan 2009. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Uji analisis yang dilakukan pada penelitian ini adalah uji analisis korelasi. subjek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah tahun angkatan 2009 yaitu sebanyak 34 mahasiswa. Hasil penelitian uji korelasi antara mata kuliah Matematika SMA I dengan PPL tidak ditemukan korelasi pada signifikan 0.05. Sedangkan pada pengujian korelasi antara mata kuliah Matematika SMA II dengan mata kuliah PPL tidak ditemukan korelasi pada signifikan 0.05. Pada pengujian rata – rata Matematika SMA I dan II dengan PPL diperoleh αhitung > αtabel yakni 0.072 > 0.05. Dapat disimpulkan bahwa tidak ada korelasi, tetapi ada hubungan yang lemah dengan arah positif yang tidak signifikan pada signifikansi 0.05.
Full text article
References
Hamalik, Oemar. (2006). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasan, Iqbal. (2006). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
http://masthoni.wordpress.com/2009/07/12/melihat-kembali-definisi-dan-deskripsi-matematika/ diunduh tanggal 15 Maret 3013.
Irianto, Agus. (2006). Statistik Konsep Dasar dan Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Nurgiyantoro, Burhan dkk. (2004). Statistik Terapan. Jogjakarta: Gajah Mada University Press.
Mulyasa, E. (2008). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka
Soemantri, Sandha. (2012). Korelasi Antara Komposisi Peserta Tes Dengan Kecemasan Siswa, Serta Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Surabaya: Universitas Muhammadiyah. Skripsi tidak dipublikasikan.
Sunarto. (2001). Metodologi Penelitian Ilmu – Ilmu Sosial dan Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.
Suharsimi, Arikunto. (2010). Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Aditya Media.
Universitas Muhammadiyah Surabaya. (2011). Pedoman Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Wikanta, Wiwi dkk. (2009). Pedoman Penulisan Skripsi. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan (LP3) FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ