Penggunaan Speaking and Writing Quiz bagi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Balongpanggang Gresik sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Trigonometri Tahun Ajaran 2012/2013

Silvi Yunita Dwi Rahmawati (1)
(1) Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas X dengan menggunakan Speaking and Wrting Quiz. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Balongpanggang Gresik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan nilai hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Balongpanggang Gresik dapat ditingkatkan dengan menggunakan menggunakan Speaking and Writing Quiz dalam proses pembelajaran. Terlihat dari rata-rata nilai awal (UTS) 73,73 yang meningkat pada siklus 1 dengan rata-rata nilai 77,88 atau meningkat sebesar 5,63% dan dari siklus I ke siklus II rata-rata nilai siswa meningkat lagi menjadi 89,23 atau meningkat sebesar 14,57%.

Full text article

Generated from XML file

References

Al Barry, Dahlan. 2003. Kamus modern Bahasa Mandarin. Bandung: Arkola

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, suharsimi. 2009. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Buni aksara

Echols, John, dkk. 1997. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: gramedia.

Nurgianto, Burhan. 2004. Statistik Terapan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Pers.

Masriyah. 2005. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Surabaya

Nurmandiri B.K, dkk. 2004. Matematika SMA untuk kelas X. Jakarta: Erlangga.

Suprijono, Agus, N.Si. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Wikanta, Wiwi, dkk. 2009. Pedoman Penulisan Skripsi. Surabaya: Lembaga pengkajian dan Pengembangan pendidikan (LP3)

Authors

Silvi Yunita Dwi Rahmawati
n_sisil@yahoo.com (Primary Contact)
Dwi Rahmawati, S. Y. (2016). Penggunaan Speaking and Writing Quiz bagi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Balongpanggang Gresik sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Trigonometri Tahun Ajaran 2012/2013. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1). Retrieved from https://journal.um-surabaya.ac.id/matematika/article/view/220

Article Details

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.