Systematic Literatur Review : Peningkatan Kemampuan Literasi Matematis dengan Model Pembelajaran Structured Inquiry
Abstrak
Dalam memenuhi kebutuhan masyarakat modern, peserta didik dituntut untuk memiliki beberapa kompetensi, salah satunya Kemampuan Literasi Matematis. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa adalah dengan menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis Structured Inquiry. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki komponen-komponen dalam pembelajaran Structured Inquiry yang dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Metode yang digunakan adalah Systematic Literatur Review (SLR) dari 30 artikel yang sudah difilterisasi. Artikel yang dikaji bersumber dari artikel terindeks Sinta 1 – Sinta 3, Scopus peringkat Q1 – Q3, dan beberapa sumber dari kemendikbud. Hasil menunjukkan bahwa model pembelajaran Structured Inquiry dapat digunakan sebagai salah satu pendekatan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Kelemahan kemampuan literasi matematis siswa ada pada level 3 – 6. Beberapa materi yang dapat digunakan untuk memaksimalkan hasil pembelajaran siswa diantaranya materi geometri, aritmatika, dan perhitungan. Bimbingan guru dalam menerapkan model pembelajaran structured inquiry akan sangat menentukan hasil pembelajaran siswa terutama dalam meningkatkan kemampuan literasi matematisnya. Pembelajaran structured inquiry lebih maksimal diterapkan pada jenjang SD dan SMP. Perlu untuk mengembangkan soal-soal literasi matematis agar dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Diharapkan peneliti selanjutnya dapat meneliti lebih mendalam model pembelajaran lain yang dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa.
Artikel teks lengkap
Referensi
Arnold, W. (2018). Structured Inquiry. https://www.teachingenglish.org.uk/professional-development/teachers/inclusive-practices/articles/structured-inquiry
Bolstad, O. H. (2023). Lower secondary students’ encounters with mathematical literacy. Mathematics Education Research Journal, 35(1), 237–253. https://doi.org/10.1007/s13394-021-00386-7
Canbazoğlu, H. B., & Tarim, K. (2020). An Activity-Based Practice for Improving Mathematical Literacy and Awareness of Elementary School Teacher Candidates. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 10(4), 1183–1218. https://doi.org/10.14527/pegegog.2020.036
Colburn, A. (2000). An Inquiry Primer. Science Scope, 23(6), 42–44. http://0-search.ebscohost.com.umaclib3.umac.mo/login.aspx?direct=true&db=eric&AN=EJ612058&site=eds-live
Cooper, H. (2007). Evaluating and Interpreting Research Syntheses in Adult Learning and Literacy. January 2007.
Edo, S. I., Hartono, Y., & Putri, R. I. I. (2013). Investigating secondary school students’ difficulties in modeling problems PISA-model level 5 and 6. Journal on Mathematics Education, 4(1), 41–58. https://doi.org/10.22342/jme.4.1.561.41-58
Fang, S. C., Hsu, Y. S., Chang, H. Y., Chang, W. H., Wu, H. K., & Chen, C. M. (2016). Investigating the effects of structured and guided inquiry on students’ development of conceptual knowledge and inquiry abilities: a case study in Taiwan. International Journal of Science Education, 38(12), 1945–1971. https://doi.org/10.1080/09500693.2016.1220688
Kuhlthau, C. (2001). Guided Inquiry: School Libraries in the 21st Century. School Libraries Worldwide, 1–12. https://doi.org/10.29173/slw6797
Mahdiansyah, M., & Rahmawati, R. (2014). LITERASI MATEMATIKA SISWA PENDIDIKAN MENENGAH:Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 452–469. https://repositori.kemdikbud.go.id/540/1/2. mahdiansyah.pdf
Murdoch, K. (2015). The Power of Inquiry. Seastar Education Consulting. https://books.google.co.id/books?id=cZJEzgEACAAJ
Muslimah, H., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita Analysis of Students ’ Mathematical Literacy Ability in Solving Mathematical Problems in the Form of Story Problems. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 8(1), 36–43.
PISA. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia. The Language of Science Education, 1, 1–9. https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.
Rum, A. M., & Juandi, D. (2022). Students ’ Difficulties in Solving Mathematical Literacy Problem Level 3 , Level 4 and Level 5. 123–135.
Salim, K., & Tiawa, D. H. (2015). Implementation of structured inquiry based model learning toward students’ understanding of geometry. International Journal of Research in Education and Science, 1(1), 75–83. https://doi.org/10.21890/ijres.70396
Sari, M. P., & Khiyarunnisa, A. (2017). Problem Based Learning : Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny 2017, 443–448.
Schleicher, A. (2019). PISA 2018: insights and interpretations. OECD Publishing, 64. https://www.oecd.org/pisa/PISA 2018 Insights and Interpretations FINAL PDF.pdf
Spronken-smith, R. (2007). Issues in Teaching Through Inquiry. April, 1–12.
Stacey, K. (2015). The International Assessment of Mathematical Literacy: PISA 2012 Framework and Items BT - Selected Regular Lectures from the 12th International Congress on Mathematical Education (S. J. Cho (ed.); pp. 771–790). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-17187-6_43
Stacey, K., & Turner, R. (2015a). Assessing Mathematical Literacy : The PISA Experience.
Stacey, K., & Turner, R. (2015b). Assessing mathematical literacy: The PISA experience. Assessing Mathematical Literacy: The PISA Experience, 1–321. https://doi.org/10.1007/978-3-319-10121-7
Suwarno, M., & Ardani, R. A. (2022). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan PISA Level 4. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 4(2), 107–115. https://doi.org/10.21580/square.2022.4.2.12401
Wang, H. H., Hong, Z. R., She, H. C., Smith, T. J., Fielding, J., & Lin, H. shyang. (2022). The role of structured inquiry, open inquiry, and epistemological beliefs in developing secondary students’ scientific and mathematical literacies. International Journal of STEM Education, 9(1). https://doi.org/10.1186/s40594-022-00329-z
Wardono, Waluya, S. B., Kartono, Mulyono, & Mariani, S. (2018). Literasi Matematika Siswa Smp Pada Pembelajaran Problem Based Learning Realistik Edmodo Schoology. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 477–497. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Zulfiani, & Octafiana, H. (2015). Profil Keterampilan Generik Sains Siswa SMA pada Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur (Structured Inquiry) Konsep Difusi dan Osmosis. Prodi Pendidikan Biologi. https://doi.org/10.3176/chem.geol.1974.4.04
Penulis
Hak Cipta (c) 2024 Amarta Prayuti, Wardhani Rahayu, Meiliasari Meiliasari

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.