Penggunaan Speaking and Writing Quiz bagi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Balongpanggang Gresik sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Trigonometri Tahun Ajaran 2012/2013
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas X dengan menggunakan Speaking and Wrting Quiz. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Balongpanggang Gresik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan nilai hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Balongpanggang Gresik dapat ditingkatkan dengan menggunakan menggunakan Speaking and Writing Quiz dalam proses pembelajaran. Terlihat dari rata-rata nilai awal (UTS) 73,73 yang meningkat pada siklus 1 dengan rata-rata nilai 77,88 atau meningkat sebesar 5,63% dan dari siklus I ke siklus II rata-rata nilai siswa meningkat lagi menjadi 89,23 atau meningkat sebesar 14,57%.
Full text article
References
Al Barry, Dahlan. 2003. Kamus modern Bahasa Mandarin. Bandung: Arkola
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, suharsimi. 2009. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Buni aksara
Echols, John, dkk. 1997. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: gramedia.
Nurgianto, Burhan. 2004. Statistik Terapan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Pers.
Masriyah. 2005. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Surabaya
Nurmandiri B.K, dkk. 2004. Matematika SMA untuk kelas X. Jakarta: Erlangga.
Suprijono, Agus, N.Si. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Wikanta, Wiwi, dkk. 2009. Pedoman Penulisan Skripsi. Surabaya: Lembaga pengkajian dan Pengembangan pendidikan (LP3)
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂÂ