Penggunaan Teori Bruner dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang pada Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah 1 Golokan Sidayu Gresik Tahun Ajaran 2012/2013

Mawaddatur Rohmah (1)
(1) Pendidikan MatematikaFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstract

MI Muhammadiyah 1 Golokan Sidayu Gresik menetapkan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75 untuk mata pelajaran matematika. Permasalahan yang terjadi pada kelas IV MI Muhammadiyah 1 Golokan Sidayu Gresik adalah rata-rata nilai hasil Ulangan Tengah Semester (UTS) genap belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Rata-rata nilai hasil belajar matematika kelas IV pada UTS genap sebesar 48,57. Sedangkan siswa yang telah mencapai atau melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) 17,86 %. Salah satu faktor yang mempengaruhi kurangnya hasil belajar matematika adalah siswa kurang memahami konsep awal materi serta motivasi siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah 1 Golokan Sidayu Gresik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan nilai hasil belajar matematika siswa kelas IV MI Muhammadiyah 1 Golokan Sidayu Gresik dapat ditingkatkan dengan menggunakan teori belajar Bruner dalam proses pembelajaran. Terlihat pada peningkatan sebesar 59,34% dari nilai awal (UTS) ke siklus I dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 14,19%.

Full text article

Generated from XML file

References

Al Barry, Dahlan. 2003. Kamus Modern Bahasa Indonesia. Bandung: Arkola

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kusnandar, Achmad . 2009. Matematika Untuk SD / MI Kelas 4. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2009.

Masriyah. 2005. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Surabaya : Unesa press

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Authors

Mawaddatur Rohmah
buth0hm_90@yahoo.co.id (Primary Contact)
Rohmah, M. (2016). Penggunaan Teori Bruner dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang pada Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah 1 Golokan Sidayu Gresik Tahun Ajaran 2012/2013. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1). Retrieved from https://journal.um-surabaya.ac.id/matematika/article/view/219

Article Details

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.