Penggunaan Teori Bruner dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang pada Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah 1 Golokan Sidayu Gresik Tahun Ajaran 2012/2013
Abstract
MI Muhammadiyah 1 Golokan Sidayu Gresik menetapkan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75 untuk mata pelajaran matematika. Permasalahan yang terjadi pada kelas IV MI Muhammadiyah 1 Golokan Sidayu Gresik adalah rata-rata nilai hasil Ulangan Tengah Semester (UTS) genap belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Rata-rata nilai hasil belajar matematika kelas IV pada UTS genap sebesar 48,57. Sedangkan siswa yang telah mencapai atau melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) 17,86 %. Salah satu faktor yang mempengaruhi kurangnya hasil belajar matematika adalah siswa kurang memahami konsep awal materi serta motivasi siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah 1 Golokan Sidayu Gresik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan nilai hasil belajar matematika siswa kelas IV MI Muhammadiyah 1 Golokan Sidayu Gresik dapat ditingkatkan dengan menggunakan teori belajar Bruner dalam proses pembelajaran. Terlihat pada peningkatan sebesar 59,34% dari nilai awal (UTS) ke siklus I dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 14,19%.
Full text article
References
Al Barry, Dahlan. 2003. Kamus Modern Bahasa Indonesia. Bandung: Arkola
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Kusnandar, Achmad . 2009. Matematika Untuk SD / MI Kelas 4. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2009.
Masriyah. 2005. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Surabaya : Unesa press
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ