Aplikasi Pemberian Konsep Disertai Umpan Balik dalam Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Multimedia SMK GIKI 1 Surabaya Tahun Ajaran 2012-2013

Adi Rahayu Hendra Kusuma (1)
(1) Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unuversitas Muhammadiyah Surabaya Jln. Sutorejo No 59 Surabaya, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan prestasi belajar siswa kelas X Multimedia SMK GIKI 1 Surabaya setelah pemberian konsep disertai umpan balik diterapkan, (2) Mendeskripsikan respon siswa kelas X Multumedia SMK GIKI 1 Surabaya setelah pemberian konsep disertai umpan balik diterapkan. Penelitian ini dilakukan di SMK GIKI 1 Surabaya. Bentuk penelitian ini termasuk penelitian deskriptif yang hasilnya disajikan dalam bentuk analisa kuantitatif. Materi dalam penelitian ini logika matematika. Subjek penelitian ini siswa kelas X-MM 5. Data dalam penelitian ini adalah hasil pretest, posttest dan respon siswa. Hasil penelitian menyimpulkan: (1) Prestasi belajar siswa mengalami perkembangan saat pemberian konsep disertai umpan balik diterapkan pada materi logika matematika. Hal tersebut dapat dilihat dari perubahan rata-rata kelas sebesar 65,75 menjadi 81,03, dan penuruan varian dari 237 menjadi 119, (2) Respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan pemberian konsep diserti umpan balik sangat positif. Karena siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran matematika.

Full text article

Generated from XML file

References

Dihardjo, Wudjud S. 1994. Hubungan Antara Inteligensi, Kemampuan Menalar Dan Penguasaan Konsep Dalam Matematika, Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Matematika Siswa SMAN Kelas II A1 dan II A2 di Kabupaten Sidoarjo Tahun Pelajaran 1993 – 1994 . Surabaya : Pendidikan Matematika IKIP Surabaya. Tesis tidak dipublikasikan.

http://pustakahaura.wordpress.com/2011/05/22/konsep-dalam-matematika/ diakses tanggal 16 Februari 2013

Hudoyo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud Dikti PPLTK.

Purwanto. 2007.Instrumen Penelitian Sosial Dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saliman, dan Sudarsono. 1994. Kamus Pendidikan Pengajaran dan Umum .Jakarta; Rineka Cipta.

Silverius, Suke. 1999. Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta : PT Grasindo.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung : Tarsito

Sukino. 2007. Matematika Jilid 1B untuk Kelas X SMA. Jakarta : Erlangga

Authors

Adi Rahayu Hendra Kusuma
hendra_cr99@yahoo.co.id (Primary Contact)
Kusuma, A. R. H. (2016). Aplikasi Pemberian Konsep Disertai Umpan Balik dalam Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Multimedia SMK GIKI 1 Surabaya Tahun Ajaran 2012-2013. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1). Retrieved from https://journal.um-surabaya.ac.id/matematika/article/view/215

Article Details

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 

You may also start an advanced similarity search for this article.