Implementasi Model Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis Peserta Didik
Abstrak
Kemampuan komunikasi matematis ialah kemampuan peserta didik dalam menguasai pendapat matematika berupa diagram, tabel, simbol atau media yang lainnya. Paradigma pembelajaran Think Talk Write (TTW) ialah satu metode diantara yang lain dipakai untuk mengajarkan peserta didik bagaimana berkomunikasi secara lisan dan tulisan. Tujuan penelitian ini yaitu melihat kemampuan komunikasi matematis tulis peserta didik menggunakan model TTW di SMA N 3 Bojonegoro. Penelitian ini memakai metode deskripsi kuantitatif. Populasi penelitian ialah semua peserta didik kelas X-IPS dan sampelnya X-IPS 3 yang di pilih dengan teknik random sampling. Sumber data berasal dari hasil tes peserta didik. Akumulasi data pada penelitian ini menggunkan tes tertulis dan teknik wawancara. Berdasarkan pembahasan dan hasil perhitungan setiap uji bahwa kemampuan komunikasi matematis tulis peserta didik lebih baik dengan model Think Talk Write (TTW). Oleh sebab itu model TTW dapat dijadikan alternative dalam proses belajar.
Artikel teks lengkap
Referensi
Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hamzah, A. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Muslisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Rahmawati, C., & Zhanty, L. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa Menengah Terhadap Resiliensi Matematis. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(3), 147-154. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v2i3.p147-154
Setiyawan, R., Darmawan, P., & Prayekti, N. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal SPLTV (Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel):Kasus Pada Siswa SMA Kelas X IPS. Prosiding:Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi (Vol. 1, no. 1, p. 31-43).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Infinity, 1(1): 1-9.
Wardhana, I., & Lutfianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa. UNION:Jrnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 173-184. https://doi.org/10.30738/.v6i2.2213
Penulis
Â
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Â
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.